Beranda SABIGAJU+ Mantap! Inilah 7 Fitur Unggulan yang Ada di Android Pie

Mantap! Inilah 7 Fitur Unggulan yang Ada di Android Pie

6 menit baca
0
0
40
Gogole ahirnya akan merilis Sistem operasi Android Pie dengan berbagai fitur anyar yang melingkupinya. (Foto Google)
Google akhirnya merilis sistem operasi Android Pie dengan berbagai fitur anyar yang melingkupinya. (Foto Google)

Sabigaju.com – Akhirnya pihak Google resmi mengumumkan julukan resmi untuk sistem operasi terbaru yakni Android Pie. Sistem operasi ini sudah mulai dapat digunakan pada ponsel Pixel besutan Google, dan ponsel-ponsel pintar lainnya dikabarkan akan dapat menggunakan Android Pie pada kuartal ketiga nanti.

Sesuai tradisi, Google menggunakan nama-nama makanan pencuci mulut sesuai urutan abjad. Setelah sebelumnya sistem operasi Android diberi nama Oreo, kini nama Pie dipilih karena Android ingin menampilkan kesan yang sederhana.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih info ke kamu fitur anyar apa saja yang bisa ditemui di Android Pie. Simak ulasannya berikut ini!

1. Smart Reply dari Notifikasi

Fitur Smart reply di notifikasi Android Pie menerapkan tampilan serba membulat di antarmuka grafisnya, termasuk di bagian quick setting dan tray notifikasi.

Tampilan setting pun kini menampilkan ikon yang lebih berwarna-warni. Untuk notifikasi, Android Pie mampu menampilkan konten seperti gambar dari aplikasi pesan instan, berikut opsi untuk langsung membalas percakapan.

2. Fitur Mode Gelap dalam Sistem Android Pie

Dalam keadaan tertentu, tampilan antarmuka berwarna gelap lebih nyaman ketimbang warna putih terang seperti biasa. Di Android Oreo sebelumnya, Google sempat menyediakan opsi dark mode yang mesti diaktifkan dengan memilih wallpaper, tapi fitur tersebut kemudian ditarik.

Dark mode kini telah kembali di Android Pie. Cara mengaktifkannya pun mudah, yakni cukup dengan membuka opsi Display di menu Settings, kemudian Device theme, lalu pilih di antara tiga opsi, yakni otomatis (berdasarkan wallpaper), terang, atau gelap.

3. Kontrol ‘Anti Kecanduan’

Fitur baru ini merespons munculnya kritik yang mengatakan bahwa ponsel dapat menimbulkan kecanduan dan merusak siklus tidur penggunanya.

Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat berapa banyak waktu yang telah dihabiskannya untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan. Pengguna juga dapat memilih untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut.

Selain itu, terdapat pula mode Wind Down yang dapat diaktifkan pengguna di pengujung hari. Saat mode ini aktif, layar akan berubah menjadi hitam putih, dan setiap telepon dan notifikasi yang masuk akan di-silence secara otomatis.

4. Navigasi Berbasis Gestur

Bosan dengan tiga tombol navigasi default ala Android? Google menyediakan alternatif di Android Pie, yakni navigasi berbasis gestur swiping.

Yup, Tiga tombol navigasi yang selama ini dimiliki oleh Android berubah menjadi satu tombol pada bagian tengah bawah layar.

5. Adaptive Battery

Fitur adaptive battery menggunaakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu pemakaiannya.

Tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi daya dan menghemat baterai. Untuk mempermudah pengguna dalam memantau, indikator daya baterai yang tersisa akan ditampilkan di bagian bawah ambient display (always on display), seperti yang sebelumnya sudah dilakukan oleh sebagian pabrikan Android di perangkatnya.

6. Lockdown Fitur

Ada satu fitur sekuriti baru untuk keamanan ekstra yang diterapkan di Android Pie, yakni mode Lockdown yang akan mengunci perangkat, lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tak menampilkan notifikasi di lock screen. Perangkat akan meminta kunci default seperti PIN atau pattern.

Cara mengakifkannya adalah dengan membuka opsi Security and Location di menu Setting, kemudian Lock Screen Preference, dan aktifkan Show lockdown.

Pilihan untuk melakukan Lockdown kemudian akan ditampilkan saat pengguna menekan tombol daya.

7. Kunci rotasi

Sebagian pengguna Android mungkin sering mengalami  membolak-balik perangkatnya gara-gara tampilan mendadak layar berubah dari portrait atau sebaliknya, saat perangkat berganti orientasi.

Berbeda dari versi Android sebelumnya yang hanya menyediakan opsi “on” dan “off” untuk rotasi otomatis, Android Pie bisa mengunci tampilan dalam orientasi tertentu. Sebuah tombol khusus di pojok atas layar digunakan untuk mengaktifkan kunci rotasi ini. (Sbg/Rig)

Comments
  • Aplikasi Editing Canggih Buat Bikin Vlog Jadi Keren

    Sabigaju.com – Salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh anak jaman now …
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak rigo
Tampilkan Lebih Banyak Dalam SABIGAJU+
Komentar ditutup

Lihat juga

Dahsyatnya Aksi Rodrigo Koxa Menaklukan Ombak Terdahsyat di Bumi

Sabigaju.com – Para peselancar sejati selalu tertantang untuk menaklukan dahsyatnya …