manfaat olahraga

Sabigaju.com – Olahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, sayangnya saat ini banyak orang yang terlalu sibuk dengan aktivitas harian. Sehingga beralasan tidak dapat berolahraga barang sebentar saja. Dan tidak sedikit  yang menjadikan weekend untuk waktu beristirahat atau bermalas-malasan.

Padahal, di akhir pekan kamu bisa menjadi weekend warriors loh, Sobat Sabi. Weekend warriors adalah sebutan bagi mereka yang frekuensi berolahraga atau aktif bergerak tergolong sedikit. Yaitu hanya sekali atau dua kali dalam seminggu dan umumnya dilakukan setiap akhir pekan saja, namun dengan intensitas yang tinggi.

Bagi weekend warriors setidaknya 150 menit dalam seminggu dengan aktivitas fisik dengan intesitas sedang atau 75 menit seminggu aktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

Olahraga ala Weekend Warriors Buat Tubuh Tetap Bugar

Walau olahraga hanya di akhir pekan saja tetapi bisa memberikan manfaat. Olahraga yang dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu dianggap sebagai cara terbaik dibandingkan dengan yang sama sekali tidak aktif atau sering berolahraga.

Berdasarkan penelitian yang berlangsung selama satu dekade dan telah dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, disimpulkan bahwa olahraga berlebihan terlalu sering maupun tidak berolahraga, keduanya tidak baik bagi kesehatan. Bahkan keduanya dapat berpotensi pada kematian dini.

Manfaat dari Weekend Warriors

Seperti yang dilansir NHS, weekend warriors punya risiko lebih rendah dari kematian di usia dini. Selain itu, para weekend warriors juga mempunyai risiko lebih rendah untuk terserang jantung, stroke, diabetes dan kanker.

Manfaat lainnya dari weekend warriors ini, dapat mengurangi potensi cedera otot dan rasa lelah yang berlebihan. Penyakit terkait kardiovaskular juga cenderung menyerang orang-orang yang tidak teratur melakukan aktivitas fisik.

“Pola weekend warriors mungkin cukup untuk mengurangi penyakit kardiovaskular dan risiko kematian akibat kanker terlepas dari aktivitas fisik yang ada,” pernyataan sebuah peneliti.

Ada beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan oleh weekend warriors. Yakni, latihan kardio dan otot, bersepeda, lari, berenang, zumba, yoga atau jumping jack, plank dab sumo squat, tenis, futsal, hingga basket. (Sbg/Aq)

Comments