Pencak Silat
(Sumber Foto: Instagram/dahniel_bukittinggi)

Sabigaju.com – Kita tentunya bangga saat seni bela diri tradisional Indonesia, Pencak silat akhirnya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Minimnya dokumentasi sejarah membuat sejarah awal pencak silat di Indonesia sulit dideteksi. Namun, banyak sejarawan meyakini bahwa pencak silat bermula dari pasukan tentara di setiap kerajaan yang mahir dalam bela diri.

Nah kamu harus tahu nih, kalau beladiri silat bukan sekedar olah bela diri semat. Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu dapat lewat mempelajari pencak silat.

BACA JUGA: Bukan untuk Berkelahi, Ini Manfaat Sesungguhnya Olahraga Bela Diri

Baik untuk Pembentukan Sikap

Dalam olahraga ini tak hanya terdapat unsur bela diri tapi juga budi pekerti, serta pembentukan sikap. Sebab itu, pencak silat memiliki manfaat yang sangat beragam bagi kesehatan fisik dan mental.

Berlatih silat secara otomatis akan mengajarkan kedisplinan. Kamu harus tepat waktu mengikuti jadwal latihan dan sungguh-sungguh menjalaninya, karena kedisiplinan merupakan salah satu kunci sukses dalam menguasai ilmu bela diri.

Semakin rajin kamu berlatih, kamu bakal merasa percaya terhadap kemampuanmu. Namun demikian  kamu harus tetap rendah hati, dan tidak sombong atau semena-mena terhadap orang lain yah.

Memupuk Keberanian

Beladiri silat akan melatih keberanian seseorang . Misalnya saat ujian kenaikan tingkat, anak akan dihadapkan pada beberapa tantangan seperti bertarung, yang tentunya butuh keberanian.

Dari pertarungan ini,  kamu belajar untuk berani menghadapi lawan, berani mengambil keputusan kapan menghindar, atau kapan harus menyerang.

Kamu harus cepat dan berani mengambil inisiatif sebelum lawan mengalahkannya.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa dari Olahraga Judo untuk Para Pria

Menurunkan Berat Badan

Seperti hal nya dengan peningkatan massa otot yang dapat mengurangi kalori,  berlatih silat dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Hal ini dikarenakan dalam setiap sesi satu jam latihan dengan intensitas sedang, pencak silat dapat membakar hingga 500 kalori. Oleh sebab itu, pencak silat juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Seni bela diri silat juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh karena gerakan atau kegiatannya dapat menekankan jantung, Oleh sebab itu, pencak silat juga bermanfaat dalam peningkatan kesehatan jantung.

BACA JUGA: Emansipasi Hadirkan Petarung Perempuan di Arena Duel

Moralitas dan Perdamaian

Salah satu aspek penting di dalam beladiri silat adalah moral yang dipegang teguh sebagai kode etik yang berupa larangan menggunakan beladiri ini untuk hal-hal yang melampaui diluar harkat kemanusian.

Setiap pesilat yang memegang teguh falsafah budi pekerti luhur tidak akan menggunakan kekerasan menjadi tujuan di dalam menghadapi ancaman atau gangguan dari luar dirinya.

Pencak Silat adalah sebuah sikap alternative, apabila diperlukan dengan tetap mengupayakan perdamaian dalam menyelesaikan persoalan. (Sbg/Rig)

Comments