Olahraga Judo
Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin berlatih olahraga judo. (Foto Instagram pacolozanojudo)

Sabigaju.com – Belakangan ini banyak kaum pria yang mulai menggemari olahraga judo yang  berasal dari Jepang dan merupakan pengembangan dari jiu jitsu.

Olahraga judo merupakan  seni beladiri dari kombinasi kekuatan dan teknik untuk menumbangkan lawan.

Nah kali ini sabigaju mau kasih informasi kepada kamu semua bahwa olahraga judo tidak semata olahraga beladiri semata. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin berlatih olahraga beladiri ini.

BACA JUGA: Pria yang Memiliki Hobi Musik dan Olahraga Lebih Disukai oleh Wanita 

Judo Mengajarkan Kerja keras dan Mengatasi Ketakutan

Satu hal ya ng mesti kaum pria tahu adalah, berlatih olahraga judo bukan hanya membuat fisik lebih kuat, tetapi juga mengajarkanmu nilai kerja keras.

Ketika kamu memulai judo, kamu mungkin saja dilemparkan sesuka hati oleh lawan.

Namun, kamu tentunya juga ingin mengalahkan lawan. Kamu akan bekerja keras untuk bisa mengalahkan orang-orang yang bahkan kamu pikir sulit dikalahkan.

Judo dapat membantu Anda mengatasi ketakutan. Pada awalnya,kamu mungkin takut terluka secara fisik. Rupanya, rasa sakit bagian dari permainan. Saat berlatih judo, kamu nantinya akan belajar menghadapi ketakutan, bukan mengalihkannya.

Nah, kamu bakal menyadari bahwa sebagian besar ketakutan yang dirasakan tidak berdasar.Hal ini ada akhirnya, fisikmu akan lebih kuat. Tubuhmu akan dibanting dan dilempar lawan.

Namun, ketika kamu  dilemparkan lebih sering, tubuh Anda mulai menguat dan menyerap rasa sakit jauh lebih baik. Jadi, dengan lebih sering latihan, Anda akan makin tangguh dari sebelumnya.

BACA JUGA: Musik Ternyata Bikin Performa Olahraga Makin Yahuuud 

Membangun Ketahanan Mental

Dengan rutin berlatih olahraga judo juga efektif membantu membangun ketahanan mental. Bela diri ini mengajarkanmu untuk melawan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

pastinya kamu juga akan belajar untuk tidak perlu takut pada lawan yang lebih besar atau terlihat lebih kuat.

Selain manfaat fisik, judo berdampak baik pada emosional, yakni kamu bisa merasa lebih rendah hati, melatih percaya diri, dan tidak cepat putus asa.

Judo membentuk alam pikiran kita untuk tidak sombong. Maksudnya, kamu bisa saja mengalahkan lawan yang lebih besar hari ini. Namun, besok kondisinya bisa berbeda.

Hal penting dari memiliki rasa percaya diri adalah Anda membangunnya dari perjuangan untuk belajar, bekerja keras, dan mengalahkan hambatan.

Judo juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental karena bisa memerangi gangguan kecemasan.

Aktif dalam kegiatan apa pun yang secara fisik akan membantu melepaskan endorfin di otak yang bisa mengurangi perasaan cemas dan depresi.

BACA JUGA: Sederet Hadiah Terbaik untuk Cowok yang Menyukai Olahraga

Disiplin dan Fokus

Lebih dari sekedar bela diri, rutin berlatih olahraga  judo akan mengajarkanmu untuk disiplin serta konsentrasi dan mengontrol diri.

Kamu akan diajarkan menghadapai tantangan baru dalam tiap tingkatan. Membagi semua pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan peringkat.

Hal ini akan merangsang dan melatih otak untuk menetapkan tujuan supaya mencapai sesuatu yang lebih tinggi.

Gimana, kamu tertarik untuk menekuni olahraga judo? (Sbg/Rig)

Comments