Meja Kerja
(Foto:Unsplash.com)

Sabigaju.com – Meja kerja yang terlalu plain maupun penuh tumpukan file kerjaan justru bisa membuyarkan mood dan produktivitas.

Mungkin kita sering melihat meja kerja teman atau bos yang dihiasi oleh pot tanaman segar. Sekilas hal ini dilakukan agar meja kerja enak dipandang.

Namun demikian, Meletakkan tanaman hias di atas meja kerja, nyatanya memiliki manfaat yang lebih keren dari sekedar penghias saja. Berikut Ulasannya.

BACA JUGA: Waspadalah dengan Rekan Kerja yang Selalu Bersikap Baik

Mengurangi Kecemasan

Lewat penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di University of Hyogo, Jepang, tanaman hijau tersebut ternyata juga berfungsi untuk mengurangi rasa kecemasan / kelelahan (anxiety). Dengan kata lain, memberikan efek yang sangat menenangkan.

Kesimpulan penelitian ini, diamini oleh psikoterapi asal Chicago, AS, Adam Kessler. Menurutnya, dari dulu memang sudah terbukti bahwa melihat atribut dari alam yang menyegarkan, akan menstabilkan mood yang dimiliki.

Sebagai pembuktian, dilakukan eksperimen dimana 63 pegawai kantoran Jepang diminta untuk beristirahat selama 3 menit.63 pegawai tersebut dibagi lagi menjadi 2 grup.

BACA JUGA: Saat Kamu Merasa Tidak Cocok dengan Rekan Kerja

Meja Kerja
(Foto:Unsplash.com)

Grup pertama, duduk beristirahat di meja  kerja yang tidak ada tanaman hias di mejanya dan grup kedua, duduk di meja yang ada tanaman hias kecilnya.

Setelah 3 menit, peneliti mengukur tingkat anxiety yang dirasakan masing-masing pekerja dari 2 grup-nya dengan menggunakan aplikasi bernama: State Trait Anxiety Inventory.

Dan hasilnya, pegawai dari grup yang duduk di meja kantor dengan tanaman hias, memiliki tingkat detak jantung yang lebih tenang dibandingkan dengan grup yang mejanya tidak memiliki tanaman di atas mejanya.

BACA JUGA: Empat Sosok Rekan Kerja yang Bikin Atmosfer Kantor Positif

Menghilangkan Stress

Salah satu peneliti yang melakukan uji coba tersebut, Masahiro Toyoda, mengatakan bahwa sangat disayangkan hingga detik ini, masih banyak pekerja yang belum memahami efek penghilang stres signifikan yang diberikan oleh tanaman hias di meja kantor.

Meja Kerja
(Foto:Unsplash.com)

So, kalau kalian memang ingin memiliki pelepasan stres kerja yang maksimal, mulailah untuk meletakkan tanaman hias di atas meja.

Jenis tanaman hias yang bisa dipilih sangatlah beragam. Nah disrankan kamu memilih  salah satu tanaman hias seperti: Air Plants, Bonsaii, Kaktus San Pedro, Dedaunan Hias, Kokedama, atau Echeveria.

Atau kalau mau simpel lagi, beli saja tanaman hias yang berwarna hijau segar. Dijamin kamu tidak merasa terlalu kelelahan lagi setelah bekerja.Selamat mencoba! (Sbg/Mrv)

Comments