Olahraga di Malam Hari
Selain untuk kebugaran, olahraga di malam hari juga bermanfaat sebagai sarana ngelepas penat setelah kamu seharian penuh menyelesaikan pekerjaan. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Saat ini makin banyak anak muda dan para pekerja kantoran yang memilih melakukan olahraga di malam hari.

Olahraga saat malam hari jauh lebih membahagiakan daripada olahraga sore, siang, apalagi pagi. Suasana sore bikin konsentrasi tetap tinggi untuk terus beraktivitas fisik sesuai target, bahkan sampai melebihi target.

Selain untuk kebugaran, olahraga malam hari juga bermanfaat sebagai sarana ngelepas penat setelah kamu seharian penuh menyelesaikan pekerjaan.

Namun ada beberapa manfaat hebat lainnya yang bisa kamu dapat bila rutin melakukan olahraga di malam hari.

BACA JUGA: Berjuta Khasiat Bawang Putih, Usir Lemak, Berat Badan Hingga Drakula

1. Mengurangi Hipertensi

Sebuah penelitian telah mengungkap temuan, olahraga di malam hari ternyata mampu membantu mengurangi tekanan darah.

Menurut Claudia Forjaz, selaku pemimpin riset mengatakan, hasil riset ini menunjukkan manfaat yang hebat bagi pria yang berolahraga.

Ia mengatakan, para pria sebaiknya memilih untuk melakukan latihan aerobik untuk  olahraga di malam hari agar mendapatkan hasil yang lebih besar dan lebih cepat. Forjaz juga mengatakan, olahraga di pagi hari masih lebih baik daripada kita sama sekali tak berolahraga.

“Jika mereka hanya memiliki waktu di pagi hari untuk berolahraga, mereka juga akan mendapat manfaat, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk merasakannya,” kata Forjaz.

BACA JUGA: Kelima Hal ini Jadi Manfaat saat Kamu Tidur Tanpa Busana

2. Bikin Tidur Jadi Pulas

Dalam penelitian bertajuk “Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants: A Systematic Review and Meta-Analysis“, membuktikan ternyata olahraga di malam hari tidak membuat sulit tidur, asalkan dilakukan dengan benar.

“Kalaupun ada efek olahraga di malam hari terhadap jam tidur, efeknya justru cenderung positif,” ungkap Christina Spengler, pimpinan Exercise Physiology Lab di ETH Zurich. Spengler menambahkan, salah satu efek positifnya yakni tidur menjadi lebih pulas.

BACA JUGA: Bugar dan Berotot Bisa Kamu Dapat Jika Rutin Latihan Calisthenic 

3. Otot jadi Lebih Kuat

Menurut Gladys Pearson, seorang psikolog yang mempelajari otot di Manchester Metropolitan University, olahraga di malam memiliki dampak yang lebih besar untuk tubuh daripada olahraga pada waktu yang lain.

Studi yang dilakukan Pearson mengungkapkan, olahraga di malam hari juga dapat meningkatkan kapasitas fisik antara delapan hingga 30 persen. Alasannya, otot menjadi lebih hangat setelah berolahraga.

Pearson percaya peningkatan energi tidak hanya berdampak pada otot, tetapi juga hormon.

“Pada pagi hari hormon cenderung merusak otot, namun hal sebaliknya pada malam hari membentuk otot,” ujar Pearson.

BACA JUGA: Mau Fokus Sepanjang Hari? Lakukan Kebiasaan Ini!

4. Pikiran Lebih Fokus

Menurut Jay Cardiello, Instruktur Olahraga pribadi sejumlah selebriti di Amerika Serikat mengakui olahraga di malam hari memiliki sisi positif.

“Pada malam hari, pikiran lebih jelas dan fokus ketimbang di pagi hari,” ujarnya.

Dengan fokus, maka orang tersebut bisa melakukan olahraga tanpa memikirkan tugas pekerjaan yang sedang menanti. Dengan demikian olahraga malam juga bermanfaat bagi mereka yang sedang menghindari aktivitas negatif.

BACA JUGA: Yuk, Makan Malam untuk Menurunkan Berat Badan 

5. Meredakan Stres

Berolahraga di malam hari atau sebelum tidur bermanfaat bagi kesehatan mental, karena membuat otak lebih kuat dan lebih sehat. Bahkan dapat membantu Anda untuk menangani stres dengan lebih baik.

Aktivitas fisik juga meningkatkan neurotransmitter yang disebut endorphin, yang membuat seseorang merasa lebih baik. Anda juga bisa mendapat dorongan dari norepinefrin, yang dapat membuatmu lebih mudah untuk menghadapi emosi dan pikiran.

Tentu saja, olahraga tidak akan sepenuhnya menghilangkan stres, tetapi akan membantu menghadapi stres dengan cara yang lebih sehat. (Sbg/Rig)

Comments