Foto Lama
(Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Jujur deh, saat melihat foto lama dirimu atau orang terdekatmu pasti bisa membuatmu tersenyum atau terbahak.

Entah itu model rambut masa lalu yang nggak banget, atau melihat perubahan yang terjadi dari cara berpakaian dan teringat masa bahagia dengan teman-teman lama.

Saat dirimu melihat foto lama, dalam kondisi bahagia atau gila-gilaan bersama teman, kamu akan tersenyum, memutar kembali kenangan menyenangkan itu.

BACA JUGA: Trik Agar Tidak Terlihat Canggung dan Aneh Ketika Difoto 

Antara Nostalgia dan Paradoks

Yup, foto lama ibarat memiliki kekuatan merekam kenangan seseorang. Jika Anda dalam kondisi yang tidak mengenakkan, bad mood atau putus asa, coba buka album foto Anda atau setidaknya album foto yang ada di media sosial.

Manusia memang begitu menyukai kenangan, nostalgia. Terhadap apapun apalagi foto lama yang mengingatkan dirinya saat masih kanak-anak saat betapa menyenangkannya waktu itu.

Sebuah foto lama bisa memperlihatkan betapa paradoksnya laku nostalgia  tiap generasi merasa generasinya lebih baik, zaman tertentu dianggap lebih baik dari zaman yang lain.

Menurut ahli psikologi, nostalgia adalah kecenderungan alami manusia Clay Routledge, profesor psikologi di North Dakota State University, mengatakan rata-rata orang bernostalgia sekali dalam seminggu.

Nostalgia ini bisa dipicu oleh berbagai hal: aroma, wangi, lagu, makanan, hingga foto lama.

BACA JUGA: Foto Pocong Antara Mistis, Phasmophobia Hingga Pareidolia

Nostalgia Memberi Manfaat

Karena itulah maka nostalgia dibutuhkan terutama untuk kepentingan masa kini, bukan untuk masa lalu.

Dalam ulasannya yang dimuat di laman Journal Of memory,  Clay Routledge menyatakan bahwa nostalgia membantu orang untuk menghubungkan pengalaman masa silam dengan keadaannya sekarang — persisnya menghangatkan dan menguatkan masa kini tiap orang.

“Nostalgia membuat orang-orang merasa dicintai dan dihargai, meningkatkan persepsi kehangatan serta dukungan di saat kamu sedang kesepian,” papar Routledge.

BACA JUGA: Begini Cara Memikat Cewek dengan Foto Selfie

Menariknya, kita akan terbawa simpatik. Merasa bahagia kalau membaca nostalgia yang mengharukan — semisal lagu yang menjadi latar pernikahan. Atau turut merasa sedih karena lagu itu mengingatkan pada perpisahan atau kematian seseorang.

Sampai kapanpun, orang memang masih akan bernostalgia. Terutama di masa-masa berat. Menengok foto  masa lalu sebentar ke masa silam memang kerap menyenangkan.

Yup, foto lama bisa mengingatkanmu apa yang sudah pernah terjadi ataupun mengenang siapa yang datang dan pergi. (Sbg/Rig)

Comments