buat cowo urusan mandi nggak perlu lama
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Umumnya para cowok punya waktu singkat saat mandi jika dibandingkan cewek.

Tapi ternyata, tidak semua cowok mandi dengan waktu singkat, ada juga kok cowok lama mandinya bahkan mengalahkan mandi seorang cewek.

Nah buat kalian semua Sabigaju,com mau kasih info nih kalau ternyata mandi terlalu lama ternyata tidak dianjurkan untuk dilakukan! Mau tahu alasannya Simak nih gaes:

Menurut Dokter Kulit Bersertifikasi, Dr. Edidiong Kaminska, MD, waktu membersihkan tubuh maksimal yang disarankan adalah sekitar lima hingga 10 menit.

Durasi ini dianggap cukup untuk membersihkan dan melembapkan kulit tanpa berlebihan.

“Kulit membutuhkan air, sama seperti tubuh kita, tetapi jika melakukannya secara berlebihan atau kurang, hal itu mungkin memiliki konsekuensi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Lima Dampak Mengerikan Akibat Terlalu Sering Mandi di Malam Hari 

Jangan terlalu Cepat taupun Singkat

Meskipun  air hangat rasanya seperti cara yang tepat untuk memanjakan tubuh, membersihkan tubuh secara berlebihan juga tidak disarankan karena berpotensi membuat kulit dehidrasi.

“Tujuan mandi adalah untuk melembapkan dan membersihkan kulit, tetapi mandi air hangat atau panas untuk waktu yang lama dapat menghilangkan minyak alami kulit, membuka pori-pori kita dan memungkinkan kelembapan keluar,” kata Kaminska.

Untuk menjaga kelembapan, dia biasa menganjurkan untuk mengoleskan pelembap ke kulit segera setelah membersihkan tubuh karena memungkinkan air tetap terkunci di kulit dan tidak keluar.

BACA JUGA: Empat Cara Menjaga Kelembapan Kulit Pria di Musim Hujan

Meski mandi terlalu lama tidak disarankan, mandi terlalu sebentar juga tidak dianjurkan karena tubuh mungkin belum cukup bersih.

Kaminska menjelaskan, kita memiliki bakteri dan organisme normal yang hidup di kulit dan ini melindungi kulit dari cedera atau kerusakan.

Jika keseimbangannya condong ke pertumbuhan berlebih dari flora normal atau sehat, kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi kulit.

“Belum lagi risiko bau badan jika terus-menerus mandi terlalu sebentar,” kata dia.

BACA JUGA: Begini Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Khusus Pria Kekinian 

Air Hangat atau Air Dingin

Air panas, hangat atau dingin Ketiganya memiliki manfaat. Namun, jika kamu tidak yakin temperatur mana yang paling cocok untukmu, mandilah dengan air hangat atau suam-suam kuku.

Menurut Akademi Dermatologi Amerika, air hangat juga lebih baik untuk kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim daripada menggunakan air panas.

membersihkan diri dengan air dingin juga memiliki beberapa manfaat, seperti mengurangi nyeri otot, menenangkan kulit yang teriritasi atau gatal, dan membantu kita bangun di pagi hari.

Mandi air panas juga memiliki manfaat, yakni membantu mengatasi gejala pilek atau batuk dengan melonggarkan dahak dan membuka saluran pernapasan.

Comments