Mandi Air Dingin
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Ditengah Pandemi Covid-19  saat ini Banyak orang yang melakukan upaya menjaga kebersihan tubuh salah satunya dengan mandi

Apakah kita  perlu mandi lebih sering dari biasanya untuk mencegah penyebaran virus tersebut juga?

Menurut dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, MD, merekomendasikan bahwa kamu harus mandi setiap hari, dan menggunakan sabun pada seluruh tubuh daripada hanya pada bagian-bagian tertentu seperti kaki atau lengan Anda serta mencuci rambut setiap hari.

“Kita tahu bahwa virus dapat hidup di lingkungan atau di kulit untuk waktu yang singkat, ini mungkin termasuk rambut,” katanya.

Dengan kata lain, lebih baik mencegah daripada mengobati karena virus dapat dihilangkan dengan bahan-bahaneperti sabun dan sampo milikmu.

BACA JUGA: Atasi Cabin Fever di Masa Pandemi Wabah Corona

Pastikan Perlengkapan Tetap Bersih

Hal lainnya yang perlu kamu lakukan pada rutinitas mandi adalah dengan memastikan bahwa botol  sabun ataupun sampo yang kamu  simpan di kamar mandi dibersihkan secara teratur.

“Jika kamu menggunakan sabun atau sampo dan digunakan bersama orang lain, pastikan Anda mencucinya dengan sabun dan air sebelum digunakan oleh orang lain,” ujar Teatro.

Teatro menambahkan bahwa hal tersebut adalah cara yang mudah agar kamu tidak menularkan virus kepada orang lain yang mungkin menggunakan kamar mandi yang sama.

BACA JUGA: Aplikasi Penting Saat Pandemi COVID-19

Soal Penggunaan Sabun Anti Bakteri Saat Mandi

Selain itu  kamu juga harus memperhatikan soal penggunaan sabun antibakteri. Soalnya jika kamu terlalu sering menggunakannya justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

Menurut dokter Giana Gall dari Inggris memperingatkan bahwa dua bahan yang umum terkandung dalam sabun antibakteri bisa melemahkan sistem imun tubuh. Dua bahan itu adalah triclosan dan triclocarban.

“Hati-hati dengan bahan triclosan dan triclocarban yang tertulis pada label kemasan sebelum beli sabun antibakteri,” katanya

Dr Giana menjelaskan, bahwa beberapa zat antibakteri dan antijamur yang ditambahkan dalam sejumlah produk, bisa mengganggu imunitas tubuh.

“Bahan-bahan ini memang tidak mematikan, tapi penggunaan setiap hari bisa merusak sistem pertahanan tubuh yang membuat kamu lebih rentan tertular virus corona,” terangnya. (Sbg/Rig)

Comments