Para pemain Manchester City meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Basel 4-0 pada pertandingan leg pertama babak 16 besar di St. Jakob Park, Basel, Rabu (14/2) dinihari WIB. (Foto Instagram mancity)
Para pemain Manchester City meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Basel 4-0 pada pertandingan leg pertama babak 16 besar di St. Jakob Park, Basel, Rabu (14/2) dinihari WIB. (Foto Instagram mancity)

Sabigaju.comManchester City memantapkan langkah kaki mereka guna maju ke perempatfinal Liga Champions. Tim asuhan Pep Guardiola itu meraih kemenangan 4-0 di kandang Basel.

Ilkay Guendogan mencetak dua gol untuk City pada pertandingan leg pertama babak 16 besar di St. Jakob Park, Basel, Rabu (14/2) dinihari WIB. Dua gol lainnya disumbangkan oleh Bernardo Silva dan Sergio Aguero.

Kemenangan telak di markas Basel membuat The Citizens membuka peluang besar untuk lolos ke perempatfinal. Mereka cuma butuh hasil imbang di leg kedua yang akan dilangsungkan di Etihad Stadium pada 7 Maret mendatang.

Dominasi Manchester City

Sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai, City tampil mendominasi di sepanjang laga. Sedikitnya ada sepuluh percobaan yang dilakukan para pemain City untuk mencetak gol dan tujuh di antaranya tepat sasaran.

City langsung mengontrol permainan begitu laga dimulai. Tim tamu punya kans pada menit ketiga, tapi sundulan Guendogan meneruskan umpan silang Bernardo Silva ditepis oleh kiper Basel, Tomas Vaclik.

Kubu tuan rumah meminta penalti ketika Dimitri Oberlin dijatuhkan oleh Nicolas Otamendi ketika mencoba melewati bek City itu. Tapi, wasit tak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran.

Di menit ke-14, Guendogan menggetarkan gawang Basel setelah sundulannya meneruskan tendangan sudut Kevin De Bruyne tak bisa diantisipasi oleh Vaclik. 1-0 untuk City.

Empat menit kemudian, City memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol Bernardo Silva. Gol ini berawal dari kegagalan barisan belakang Basel untuk mengamankan umpan silang Raheem Sterling dari sisi kiri.

Bola jatuh di kaki Silva, yang berdiri cukup bebas di kotak penalti sehingga masih punya waktu untuk mengontrol bola dan melepaskan tembakan voli. Tembakan Silva terlalu sulit untuk dihentikan oleh Vaclik dan berbuah gol kedua City. City unggul 2-0.

Hingga peluit turun minum ditiup wasit tak ada gol lain yang tercipta. City unggul 3-0.

City Terus Tekan Basel

Di babak kedua, City melanjutkan tekanannnya terhadap lini pertahanan Basel. Peluang pun didapat De Bruyne di menit ke-47 , ia melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola dapat diamankan penjaga gawang.

Tuan rumah membalas dua menit berselang lewat situasi serupa, namun bola hasil sepakan Mohamed Elyounoussi dapat diantisipasi.

View this post on Instagram

Feeling the love 💙 #fcbvcity #mancity

A post shared by Manchester City (@mancity) on

Pada menit ke-53 Manchester City kembali membuyarkan usaha tuan rumah Basel mengejar ketertinggalan. Ilkay Gundongan lagi-lagi mencatatkan namanya pada papan skor.

Gundongan yang menerima umpan pendek Aguero, langsung disambut dengan melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola melengkung ke tiang jauh dan tak dapat dijangkau kiper Vacklik. Skor 4-0 jadi milik City

Di sisa waktu pertandingan, jual beli serangan terus terjadi, terutama didominasi oleh tim tamu. Skor 0-4 pun bertahan hingga pertandingan selesai. (Sbg/Rig)

Comments