Sabigaju.com – Laga 16 besar Piala Dunia 2018 antara Brasil vs Meksiko digelar di Samara Arena, Senin (2/7).

Brasil dan Meksiko sudah sering berlaga. Rekor pertemuan keduanya sudah 40 kali, Brasil masih unggul head-to-head dengan catatan 23 kali menang, tujuh kali imbang, dan 10 kali menelan kekalahan.

Laga Brasil vs Meksiko kali ini merupakan pertemuan kelima di turnamen sepakbola paling bergengsi di planet bumi.

Kemenangan terbesar Brasil pernah diraih atas Meksiko dengan  skornya 5-0, yang dibukukan di Piala Dunia 1954 dan pada pertandingan persahabatan pada 31 Juli 1992.

Peluang dalam Laga Brasil Vs Meksiko

Brasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah memenangi persaingan melawan Swiss. Sedangkan Meksiko berstatus runner-up Grup F dan lolos secara dramatis yang melibatkan kekalahan Jerman dari Korea Selatan.

Dua kemenangan terakhir kontra Kosta Rika dan Serbia, cukup untuk mengantarkan Brasil lolos ke babak 16 besar. Hal itu sekaligus menjawab keraguan yang sempat muncul, saat Selecao bermain imbang melawan Swiss di laga pembuka.

Namun skuat besutan Tite belum sepenuhnya menampilkan permainan terbaik mereka. Mentalitas tim Samba akan benar-benar teruji di fase gugur, karena lawan yang akan mereka hadapi cukup berbahaya Meksiko.

View this post on Instagram

Viva México 🇲🇽⚽️❤️🙏🏽

A post shared by Héctor Moreno (@hectormorenoh) on

Meksiko akan coba melanjutkan performa impresif di babak 16 besar, meski harus melewati hadangan berat menghadapi Brasil di Cosmos Arena, Senin (2/7) malam WIB. Mampukah El Tri mengulang penampilan seperti di babak grup, dan menundukkan tim favorit juara Selecao?

Seperti yang kita tahu, penampilan Meksiko cukup mencengangkan terutama dalam dua pertandingan pembuka Grup F. Mereka mengalahkan juara bertahan Jerman 1-0, dan menundukkan Korea Selatan dengan skor 2-1.

Namun momentum Meksiko sempat hilang di laga terakhir, saat membiarkan gawang mereka kebobolan tiga gol menghadapi Swedia di laga penentuan. Pertanyaannya mampukah mereka mengembalikan performa seperti saat tampil atraktif melawan Jerman atau tidak.

Duel Hernandez vs Neymar

Laga antara Brasil vs Meksiko juga bakal memunculkan pertarungan dua pemain kunci di masing-masing kubu.

Bisa dibilang Javier ‘Chicharito’ Hernandez merupakan pemain penting Meksiko dalam beberapa tahun terakhir. Kontribusinya sudah tak bisa diragukan lagi, dia menjadi sosok kunci lolosnya El Tri ke babak 16 besar.

Dia telah menorehkan satu gol ke gawang Korea Selatan, tapi hal itu sebenarnya kurang ganas untuk ukuran striker sepertinya. Kepemimpinannya di area penyerangan Meksiko harus bisa maksimal, dan ia harus jeli dalam memanfaatkan setiap celah yang ada di area pertahanan Brasil.

Sementara itu Neymar tampil semakin membaik di Piala Dunia 2018 terutama saat timnas Brasil menang 2-0 atas Serbia dan lolos ke 16 Besar sebagai juara Grup E.

Di laga itu Neymar dianggap lebih santai dan lebih sedikit melakukan diving. Hasilnya membuat rakyat Brasil bahagia. Pemain 26 tahun itu juga disebut lebih sering membantu rekan-rekannya ketimbang mencuri sorotan untuk diri sendiri.

Masyarakat Brasil tidak menyebut permainan Neymar buruk. Hanya saja apa yang ditampilkannya di bawah harapan.

Dia bermain mengecewakan di dua laga awal fase penyisihan Grup E saat menghadapi Swiss dan Kosta Rika. Ia dikritik sering buang-buang peluang dan hanya mencetak satu gol dari rata-rata lima kali percobaan tembakan dalam satu pertandingan.

Lantas siapa yang bakal unggul dalam laga 16 besar malam nanti, Apakah  Brasil atau malah Meksiko? (Sbg/Rig)

Comments