Laman video YouTube merilis fitur pengingat
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Di tengah pandemi virus Covid-19 ini, menonton berbagai video YouTube merupakan pilihan banyak orang saat berdiam di rumah.

Sayangnya, banyak orang yang sudah keasyikan saat menonton video YouTube hingga  lupa akan waktu dan malah kecanduan hingga lupa istirahat alias tidur.

Padahal di masa pandemi ini tidur  begitu penting dan dibutuhkan untuk membangun imunitas tubuh yang sangat dibutuhkanguna meminimalisir penularan Virus Covid-19.

BACA JUGA: Waspada Dampak Buruk Binge Watching Saat Pandemi 

Fitur Ingatkan Jangan Begadang

Baru-baru ini Youtube merilis fitur baru yang diberi nama bedtime reminders atau pengingat waktu tidur di aplikasinya. Penyematan fitur baru ini diharapkan agar penggunanya tidak keasyikan menonton konten  atau video Youtube hingga lupa waktu dan tidak tidur alias begadang.

Fitur cegah begadang ala Youtube ini merupakan lanjutan dari fitur wellness and screen time yang telah lebih dulu ada sejak 2018. Fitur tersebut juga difungsikan untuk membuat pengguna bertanggungjawab untuk menggunakan aplikasi youtube dan produk Google lainnya.

BACA JUGA: Rekomendasi Channel YouTube Keren Saat Stay at Home 

Fitur bedtime reminders muncul setelah adanya isu adanya pelonjakan waktu pengguna di depan layar ponsel serta komputer sejak pandemi virus corona meluas yang berimbas pada kebijakan karantina wilayah dan belajar atau bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Pengguna bisa mengatur waktu secara spesifik untuk berhenti menonton video YouTube, mengurangi durasi penggunaan smartphone, hingga menentukan waktu istirahat atau tidur agar tidak begadang hingga larut malam.

Secara teknis, fitur bedtime reminders bisa diatur untuk bisa menginterupsi video yang tengah ditonton atau menunggu hingga video tersebut habis.

Tak hanya itu, fitur ini juga bisa ditotak (dismiss) atau ditunda (snooze) setelah notifikasi pengingat di Youtube sudah di-setting.

BACA JUGA: Tetap Terhubung Tanpa Harus Jadi Control Freak Saat Pandemi

Cara Mengaktifkan Fitur

Fitur ini sudah tersedia di seluruh perangkat iOS dan Android.  Dan berikut cara mengaktifkan fitur Bedtime Reminder YouTube:

-Masuk (Sign In) ke akun YouTube.

– Buka Pengaturan (Settings).

– Klik bagian ‘Ingatkan Saya Pada Waktu Tidur’ (Remind Me When It’s Time for Bed).

– Tentukan waktu mulai muai (start) dan berakhir (end) untuk pengingat.

– Pilih ‘Tunggu hingga saya menyelesaikan video untuk memunculkan pengingat (Wait until I Finish My Video to Show Reminder), jika ingin notifikasi pengingat muncul setelah video yang kamu tonton selesai.

Selamat menonton berbagai video YouTube tapi jangan sampai keasyikan hingga begadang yah! (Sbg/Rig)

Comments