Begitu banyak generasi milenial yang memilih untuk menerapkan gaya hidup Minimalis dalam kehidupan sehari-hari. (Foto Instagram veganadventurevan
Begitu banyak generasi milenial yang memilih untuk menerapkan gaya hidup minimalis dalam kehidupan sehari-hari. (Foto Instagram veganadventurevan)

Sabigaju.com – Ditengah gegap gempita godaan gaya hidup konsumtif kita kerap mengalami gangguan arus keuangan lantaran membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Padahal memiliki banyak barang tidak baik untuk kesehatan mental. Dan tanpa disadari, bisa berkembang rasa takut kehilangan semua barang yang kita punya.

Salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah mengaplikasikan gaya hidup minimalis. Mereka memilih mengganti kebiasaan konsumtif seperti kebiasaan menghabiskan waktu berbelanja atau keliling mal, dengan kegiatan memanfaatkan waktu seperti berjalan-jalan bersama anak, olahraga, membaca buku, hingga berkebun.

Gaya Hidup Minimalis Jadi Tren Milenial

Gaya hidup minimalis ini memang cukup menarik untuk dilakukan dan semakin banyak peminatnya. Tren hidup minimalis ini kini tengah digandrungi, terutama oleh anak-anak muda generasi milenial.

Mereka kini banyak yang menerapkan pola hidup sederhana dengan mengurangi ketergantungan terhadap berbagai barang-barang.

Tentu saja, hal ini relatif menantang, mengingat keinginan memiliki berbagai macam barang-barang pribadi yang digunakan sehari-hari saja cukup besar.

Tapi untuk secara ekstrim berubah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kamu, tentu saja bukan perkara yang mudah. Karena akan dipengaruhi oleh tingkat ketergantungan pada berbagai macam barang-barang yang selama ini kamu gunakan.

Langkah Memulai Gaya Hidup Minimalis

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis kamu juga akan merasa lebih bahagia. Sebab, kamu hanya fokus pada prioritas dan menjalankan kehidupan yang lebih efisien.

Pada akhirnya, kamu juga bisa jadi lebih percaya diri karena gaya hidup minimalis membuat orang lebih mandiri dalam mengejar kebahagiaan.

Lantas, bagaimana cara memulai gaya hidup minimalis? Berikut cara efektif menrapkan gaya hidup minimalis yang dirangkum Sabigaju dari berbagai sumber.

1. Kelola Barang Pribadimu

Mulailah memilah berbagai barang yang kamu miliki satu per satu, sehingga kamu bisa menemukan barang mana saja yang benar-benar ingin kamu simpan dan gunakan.

Sisanya, kamu bisa memberikannya kepada teman, saudara, atau bahkan menyumbangkannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Bukan hanya untuk pakaian, hal ini juga bisa kamu lakukan pada sepatu, buku-buku, dan barang lainnya.

2. Bijak dalam Membeli

Walaupun belanja dan membeli berbagai barang merupakan hal yang selalu menyenangkan. Namun, mulailah untuk belanja dengan bijak, yakni hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Hindari pola pikir membeli barang yang murah dan banyak. Beli satu barang yang sedikit mahal dengan kualitas baik. Agar kamu tidak menumpuk berbagai barang yang tidak perlu.

3. Manfaatkan Teknologi Digital

Manfaatkan kemajuan teknologi untuk menghemat banyak waktu dan tentunya memperbaiki gaya hidupmu.

View this post on Instagram

Bright and airy. 📷 @christianbolt #minimalsetups

A post shared by Minimal Setups (@minimalsetups) on

Misalnya kamu bisa menggunakan perangkat digital untuk menyimpan koleksi foto, membaca buku secara online, dan lainnya. Semua ini akan membuat hidupmu terhindar dari godaan ingin membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

4. Perabot Simpel dan Multifungsi

Gaya hidup simple alias ninimalis bisa diterapkan pada penempatan perabot rumah yang simpel.

Misalnya tak perlu menumpuk berbagai barang di kamar tidur apalagi jika tidak begitu dibutuhkan. Tata dan biasakan dirimu dengan kamar tidur yang sederhana dan nyaman.

Selain itu lemari besar, ranjang berukuran jumbo, atau bahkan sofa super nyaman dengan ukuran besar tentu bukan perabotan yang sesuai dengan tren minimalis. Mulailah menggunakan produk-produk yang multifungsi dan hemat tempat,

Tren minimalis ini juga bisa kamu terapkan pada meja kerjamu dengan hanya menempatkan berbagai barang yang benar-benar digunakan untuk bekerja saja, bukan yang lainnya. (Sbg/Rig)

Comments