ilustrasi pexels

Sabigaju.com – Kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa dilakukan dan diciptakan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Faktanya, secara science memang ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa membuat mood kamu bahagia. Sebagaimana diapaparkan oleh seorang ahli nutrisi, Cynthia Sass pada situs Time.com.

Cynthia menyampaikan bahwa memang ada beberapa makanan yang pada dasarnya bisa membuat seseorang bahagia berdasarkan kategori kandungannya.

Makanan yang Membuat Bahagia

Menurut Cynthia Sass seperti disampaikan pada situs Time.com  beberapa lembaga peneliti memang ada 6 makanan yang pada dasarnya yang bisa membuat Anda merasa bahagia

1. Makanan Mengandung Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang baik bagi usus. Jenis dan jumlah bakteri dalam saluran pencernaan diduga memengaruhi bagian otak yang memunculkan rasa bahagia dan mengurangi rasa sedih.

Sebuah studi di Belanda menunjukkan, sebanyak 20 responden yang diberi suplemen probiotik memiliki suasana hati yang baik. Studi ini juga pernah dilakukan di McMaster University, Ontario pada seekor tikus.

Sedangkan jurnal Psikiatri Inggris mengatakan bahwa sebanyak 3500 pria dan wanita yang memakan kandungan kaya gizi dari buah, dilaporkan jarang mengalami depresi dibanding mereka yang banyak memakan manis, berminyak dan daging olahan.

Di penelitian sebelumnya mengatakan bahwa antioksidan pada buah dan sayur seperti asam lemak omega 3 pada ikan berkaitan erat pada penurunan resiko depresi.

2. Buah-Buahan dan Sayuran

Ternyata buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang bisa membuat suasana hati lebih baik.

Penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Health Psychology untuk sekitar 300 orang dewasa menunjukkan, bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran membuat mereka lebih tenang, bahagia, dan berenergi.

Studi lain pada Social Indicators Research, menemukan bahwa konsumsi sayuran serta buah dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

3. Kopi

Bagi kamu para pecinta kopi, menyeruput kopi di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan mood atau suasana hati lebih baik dan lebih berenergi loh, sob.

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine mengungkapkan, seorang perempuan yang minum 2-3 cangkir kopi sehari akan 15% lebih rentan mengalami depresi selama rentang 10 tahun dibanding yang tidak minum kopi.

4. Cokelat hitam (Dark Chocolate)

Memakan dark chocolate sekitar 40 gram setiap hari selama 2 minggu dapat mengurangi hormon stress termasuk kortisol pada orang beresiko stress tinggi.

Ada penelitian di Nestle Research Center di swiss yang mengatakan bahwa polifenol (antioksidan) pada coklat akan berkontribusi pada perubahan stress.

Di temuan Nestle Research Center mengatakan kalau Dark Chocolate itu sendiri ternyata mengandung magnesium, mineral yang pernah dibuktikan mampu membantu meringankan gejala PMS pada wanita seperti kelelahan, depresi dan mudah tersinggung.

Konsumsi coklat hitam dipercaya dapat memicu euforia seperti perasaan cinta.

5. Makanan dengan Karbohidrat

Pada sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine mengatakan kalau orang yang selama 1 tahun mengikuti diet rendah karbohidrat diketahui akan berpotensi lebih depresi daripada yang melakukan diet rendah lemak.

Para peneliti menemukan bahwa karbohirat ternyata meningkatkan produksi serotonin, suatu bahan kimia yang memberikan perasaan baik.

Menurut para peneliti juga bahwa diet rendah karbohidrat selama setahun penuh juga dapat membawa dampak negatif pada mood.

6. Teh Hijau (Green Tea)

Di Jepang terdapat tradisi minum teh yang berasal dari Cina sejak abad ke 6 Masehi. Sejak itu teh hijau dikenal berkhasiat untuk kesehatan dan digunakan awak kapal untuk berpergian jauh.

Selain itu Ada penelitian kuantitatif di jepang yang melibatkan 40.000 orang yang menemukan bahwa orang yang minum 5 cangkir atau lebih teh hijau setiap harinya akan punya tingkat stress 20% lebih rendah dari keseluruhan.  (Sbg/ary)

Comments