olahraga

Sabigaju.com – Makanan yang Anda konsumsi sebelum dan sesudah olahraga akan menentukan bagaimana olahraga Anda berjalan dan bagaimana hasilnya. Sebaiknya, Anda betul-betul memperhatikan hal tersebut agar tubuh Anda kooperatif dan olahraga yang Anda lakukan bisa menunjukkan hasil optimal.

Sebelum berolahraga memang tidak dianjurkan untuk makan makanan berat. Anda disarankan untuk memberi jeda 2-3 jam antara makan terakhir Anda dan olahraga, dengan menu yang tentunya sarat nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Apa saja makanan itu? Berikut ulasannya!

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Pisang

Rata-rata kalori dalam pisang yakni 110 kal per buah, jumlah tersebut cukup untuk membuat Anda merasa kenyang dan memberi energi selama berolahraga. Selain itu, pisang juga mengandung Potasium yang baik untuk menjaga stamina otot dan saraf selama berolahraga.

Air kelapa

Yes, air kelapa dikenal sebagai minuman elektrolit yang mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berolahraga. Air kelapa juga mengandung karbohidrat yang sangat mudah dicerna, sehingga bisa memberi energi bagi tubuh.

Smoothies

Menu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berolahraga di pagi hari. Siapkan smoothies yang terdiri dari campuran sayur dan buah sebagai menu sarapan Anda. Kandungan vitamin dan mineral dalam smoothies akan mampu menjaga performa Anda selama berolahraga.

Oatmeal

Menu lain yang bisa Anda coba untuk mengisi perut sebelum berolahraga adalah oatmeal. Oatmeal akan cukup menjaga perut Anda tetap kenyang dan membantu Anda tetap berenergi selama berolahraga, karena mengandung gula yang rendah karbohidrat.

Kopi

Jika Anda sedang menjalani program pengikisan lemak, maka kopi adalah pilihan yang baik untuk Anda konsumsi sebelum berolahraga. Sebab, kafein dalam kopi mampu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Makanan untuk Dikonsumsi Setelah Olahraga

Protein whey

Protein whey baik dikonsumsi selepas berolahraga karena telah terbukti dapat mempercepat proses pemulihan otot dan memaksimalkan perkembangannya. Protein whey dalam bentuk cair seperti susu akan lebih cepat diserap tubuh dibanding yang lainnya!

Sayuran hujau

Kangkung, brokoli, bayam bisa jadi pilihan bagi Anda untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Sayuran hijau merupakan sumber kalori yang kaya nutrisi. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung mineral dan enzim yang dapat membantu menghilangkan lemak.

Salmon

Salmon kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Protein yang terdapat dalam salmon sangat bisa diandalkan untuk pertumbuhan otot Anda, sedangkan omega-3 berperan mengurangi kerusakan otot setelah Anda berolahraga.

Nasi merah

Barangkali Anda adalah pengonsumsi nasi sejati, pilihlah nasi merah sebagai hidangan Anda setelah berolahraga. Nasi merah kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, dan cocok dikonsumsi setelah berolahraga untuk memulihkan energi.

Selalu seimbangkan olahraga dengan asupan makanan Anda baik sebelum atau sesudahnya. Biar bagaimanapun, peran makanan juga diperlukan untuk pembentukan dan kesehatan tubuh Anda! (Sbg/Ftr)

Comments