makanan sehat

Sabigaju.com – Menahan diri untuk tidak turut pada ‘pengecualian’ di momen tertentu saat sedang diet itu sebuah tantangan tersendiri. Contoh, saat pesta Natal dan liburan tahun baru ini. Pasti susah sekali rasanya menahan untuk tidak menyantap hidangan lezat yang tersedia, tak jarang Anda pun akhirnya tergoda.

Pengecualian yang dilakukan di hari-hari besar itu seringkali meninggalkan dosa berupa timbunan lemak yang berakibat berat badan naik tak terkontrol. Kalau sudah begitu, tinggal tunggu penyesalan datang membayang-bayangi.

Sayangnya penyesalan yang timbul setelah Anda merusak diet itu takkan berarti apa-apa. Anda tak bisa memutar waktu dan makanan tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh Anda. Lebih baik segera atur langkah untuk membayar penyesalan tersebut dengan beberapa langkah seperti berikut ini!

Makan makanan yang dapat mengurangi lemak

Perbanyak makan buah-buahan, sayuran, dan minumlah segelas air lemon atau jeruk nipis secara rutin setiap hari. Anda juga bisa makan makanan yang dapat membantu membakar kalori seperti bawang putih, cabai rawit, dan jahe.

Makan camilan berprotein tinggi sebelum makan berat

Mungkin Anda tidak bisa menghindari ajakan makan-makan selama liburan ini, tapi Anda bisa mengakalinya dengan mengganjal perut Anda dengan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bjian, ataupun susu sebelum Anda makan berat. Ini akan menjaga Anda agar tidak makan berlebihan.

Minum air putih lebih banyak

Hindari minuman manis, berkafein, maupun soda. Air putih adalah pilihan terbaik untuk membantu memulihkan metabolisme tubuh Anda. Air putih juga bisa mengenyangkan perut Anda sehingga Anda terhindar dari ‘ilusi’ rasa lapar yang membuat Anda ingin ngemil.

Makan lebih sering

Bukan camilan lho, ya. tapi makanan berat. Makanlah lebih sering, bisa 4-5 kali sehari dalam porsi yang kecil-kecil. Pastikan menu yang Anda makan mengandung banyak serat, ya.

Olahraga

Tentu saja Anda perlu membakar kalori yang tertimbun dalam tubuh Anda saat pesta Natal kemarin. Luangkanlah waktu untuk ke gym, atau setidaknya jogging di sekitar rumah selama 15 menit setiap harinya. Selain lari, Anda juga bisa pilih berenang untuk membakar kalori.

Tidak terlalu berat, kan? Memang tidak sulit kok mengupayakan pola hidup sehat. Yang sulit itu, menjaga konsistensi dalam menjalankannya, Sobat Sabi. (Sbg/Ftr)

Comments