penyakit maag

Sabigaju.com – Maag merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung, dikarenakan adanya pembengkakan dan menyebabkan timbulnya rasa sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, makan makanan yang tidak sehat bagi lambung, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab lain seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur, juga stress.

Para penderita maag pantang banget makan secara tidak teratur. Apalagi kalau setelah makan tidak teratur, kemudian makan dalam porsi yang banyak. Bisa-bisa, maagnya langsung kambuh seketika!

Selain itu, ada jenis-jenis makanan tertentu yang sebaiknya tidak dimakan oleh para penderita maag, yaitu:

1. Buah dan sayur yang mengandung gas

Contoh: sawi, kubis, kacang-kacangan, nangka, pisang, kedondong, dan buah-buahan yang dikeringkan.

2. Soda

Minum minuman bersoda saat akan membuat perut terasa penuh, ini tidak baik untuk penderita maag.

3. Makanan pedas

Bagi kebanyakan orang, makanan pedas mungkin adalah comfort food. Namun bagi penderita maag, makanan pedas ini adalah musuh bagi lambungnya. Terlalu sering makan makanan pedas bisa melukai lambung.

4. Makanan asam

Makanan asam bisa membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak dari normalnya, sehingga bisa membuat maag kambuh dan si penderita kembali mengalami nyeri. Hindarilah makanan yang bersifat asam seperti buah-buahan yang mengandung citrus, termasuk jusnya, juga kopi, susu full cream dan cuka.

5. Karbohidrat

Memang tidak semua jenis karbohidrat, tapi lebih ke karbohidrat yang berasal dari tepung-tepungan seperti mie, bihun, dan pasta. Selain itu, ketan, jagung, ubi, singkong dan talas juga harus dihindari.

6. Makanan berlemak tinggi

Hindari makanan yang mengandung lemak karena itu akan sulit dicerna lambung, dan membuat lambungmu bekerja lebih berat. Cokelat, keju, dan kue-kue mengandung krim adalah beberapa contohnya.

Jenis penyakit maag berdasarkan tingkat keparahannya dibedakan menjadi maag ringan, maag sedang, maag kronis, sampai yang paling bahaya yakni kanker lambung. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag bahkan bisa menyebabkan kematian, lho. Untuk itu, jaga lambung Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, terutama jika Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit maag. (Sbg/Ftr)

Comments