Makan Siang
Ilustrasi (Pixabay)

Sabigaju.com – Sesibuk apapun aktifitas yang kita lakukan di hari ini, kitaharus tetap menyempatkan untuk makan siang, untuk mengisi kembali energi tubuh. Selain itu juga menjadi sarana melepaskan beban pekerjaan di kantor yang menumpuk.

Kali ini Sabigaju mau berbagi tentang kebiasaan dan menu makan siang yang disantap dari berbagai negara.

1. Inggris

Inggris adalah salah satu negara di Eropa yang sibuk. Hal itu membuat para pekerja tidak punya waktu banyak untuk makan siang. Saking sibuknya, sebagian besar orang makan siang dengan terburu-buru. Bahkan ada yang hanya makan roti lapis di meja atau salad kecil.

Tak jarang pula demi menghemat waktu mereka cenderung memilih makanan kemasan dan disantap di meja kerja. Hal ini banyak dialami oleh para pekerja di Inggris.

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini di Inggris menemukan jika jutaan pekerja di Inggris memiliki kebiasaan makan siang yang sama setiap harinya. Rata-rata mereka tidak punya waktu banyak untuk menikmati santap siangnya.

Pilihan menu super populer untuk makan siang di negara ini adalah Sup kentang dengan bawang merah sebagai pengganjal perut. Menu lainnya adalah setangkup sandwich tuna yang gurih dan lezat. Menu simpel ala pekerja kantoran di Inggris ini adalah yang paling populer berdasarkan survey.

2. Perancis

Berbeda dengan di Inggris, waktu makan siang bagi para pekerja di negeri ini cukup panjang. Pada siang hari, biasanya para pekerja di Perancis beristirahat 1 sampai 2 jam.

Itu sebabnya, pada jam istirahat kantor banyak toko-toko yang tutup mulai jam makan siang, dan baru buka kembali pada jam 14.00 dan terus beroperasi hingga jam 19.00.

Hidangan santap siang di Perancis biasanya dibuka dengan makanan pembuka yang terdiri dari sajian dingin seperti potongan daging asap, ikan teri, buah zaitun, dan jamur segar yang direndam dalam minyak. Variasi lain bisa berupa pai telur, roti lapis terbuka isi ham dan keju leleh, atau crepe panekuk.

Untuk menu utama, sandwich mentega dengan isi daging ham yang dimasak perlahan jadi menu favorit. Selain itu, bagi pekerja yang membawa bekal dari rumah, Jambon de Paris adalah menu yang sering ditemui pada kotak bekal pekerja di Perancis.

3. Jepang

Mayoritas pekerja kantoran di Jepang memiliki waktu satu jam untuk makan siang. Walaupun waktunya cukup panjang, namun banyak orang akan makan secepatnya dan kembali ke pekerjaan mereka walaupun jam makan siang belum berakhir.

Salah satu jenis makanan yang paling umum saat makan siang di Jepang adalah kotak bento. Makanan ini dikemas dalam kotak berpartisi yang terdiri dari nasi, ikan atau daging. Biasanya makanan dalam kotak dibungkus dengan furoshiki yang merupakan kain yang digunakan untuk mengangkut makan siang dan agar makanan tetap hangat,

Secara tradisional, kotak bento terbuat dari kayu. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kotak makan diganti dengan bahan aluminium dan polystyrene.

4. Norwegia

Norwegia adalah negara yang dikelilingi lautan dan mempunyai iklim musim dingin panjang. Ikan laut segar merupakan makanan populer di Norwegia. Sehari-hari, orang Norwegia lebih sering mengonsumsi ikan sebagai menu utama.

Umumnya pekerja di Norwegia, jarang untuk makan siang di luar. Mereka lebih sering membawa bekal makanan berupa ikan, daging, telur ataupun sayuran dalam irisan roti yang disebut dengan smorbrod. Plus tambahan minuman yaitu susu.

5. Spanyol

Di negara Spanyol pegawai kantoran bekerja dalam waktu yang lebih lama: 11 jam sehari. Mereka memulai hari di kantor jam 9 pagi dan baru pulang jam 8 malam.

Umumnya mereka datang ke kantor pukul 9, lalu istirahat untuk coffee break di pertengahan pagi. Mereka pun mendapat jatah waktu untuk makan siang dan siesta alias tidur siang selama dua atau tiga jam, dari pukul 2 siang hingga sore hari.

Di Spanyol, banyak toko yang mendadak tutup di siang hari. Jalan-jalan menjadi sepi dan semua orang berada di dalam rumah. Bisa dibilang kehidupan akan kembali normal mulai pada pukul 4 sore.

Pilihan menu makan siang yang paling favorit adalah tapas daging dan seafood, patata bravas, croquette dan potongan roti. Menu makan siang yang banyak ini didukung dengan lamanya waktu istirahat yang mencapai 2 hingga 3 jam. Waktu istirahat yang cukup lama ini dimanfaatkan sebagian orang untuk tidur siang juga. (Sbg/Rig)

Comments