depresi

Sabigaju.com – Penyebab depresi ada banyak, mulai dari beban pikiran, kondisi kehidupan yang berubah drastis dan membuat mental kaget, hingga konsumsi makanan yang tidak sehat. Khusus untuk makanan, pepatah yang bilang ‘you are what you eat’ memang benar adanya. Pasalnya ada beberapa makanan yang bisa memperparah depresi. Apa saja makanan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

Makanan yang Bisa Memperparah Depresi

1. Konsumsi Gula dalam Kadar Tinggi

Anda yang sering menjadikan aneka dessert sebagai pelarian saat stres melanda, mulai saat ini harus mulai memperhitungkannya. Mengonsumsi makanan tinggi gula seperti dessert, aneka cake manis, hingga soft drink bisa memicu lonjakan kadar gula dalam darah. Sayangnya, gula jenis ini juga cepat habis dicerna sehingga kadar gula dalam darah naik turun dengan cepat.

Kadar gula darah yang naik turun ini dilansir dari Psychologytoday bisa memicu gangguan mood. Maka dari itu, mengonsumsi makanan atau minum dengan kadar gula berlebih bisa memperparah depresi. Ahli nutrisi dan kesehatan menyarankan kadar gula yang dikonsumsi setiap hari maksimal hanya 50 gram saja.

2. Konsumsi Makanan Cepat Saji

Saat jalan-jalan atau janjian untuk makan bareng teman, tidak jarang makanan cepat saji jadi pilihan. Tidak dipungkiri kalau makanan jenis ini memiliki cita rasa yang enak dan harga yang relatif terjangkau. Apalagi ditambah dengan lokasi dine in yang juga nyaman.

Namun faktanya, orang yang mengonsumsi makanan cepat saji berisiko lebih tinggi untuk mengalami depresi. The Journal Public Health Nutrition pada tahun 2012 pernah merilis data bahwa orang yang mengonsumsi makanan cepat saji memiliki kemungkinan mengalami depresi hingga sebanyak 51% dibanding orang yang tidak mengonsumsinya.

3. Konsumsi Kopi

Himpitan deadline terkadang membuat kita merasa perlu mengonsumsi kafein. Kopi pun sering menjadi pilihan. Kandungan kafein dalam kopi memang membantu meningkatkan fokus dan kinerja dalam jangka waktu yang tepat. Akan tetapi, mengonsumsi kopi secara berlebihan bisa memicu serangan panik dan juga meningkatkan risiko depresi.

Kopi akan semakin memperparah depresi bila yang Anda konsumsi adalah kopi sachet. Kopi instan jenis ini tidak hanya mengandung kafein, tetapi kadar gulanya juga tinggi. Jadi, double trouble kan?

Saat ciri-ciri stres mulai terdeteksi, sebaiknya Anda menghindari ketiga makanan dan minuman di atas. Sebagai gantinya, coba alihkan dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan. Pasalnya, pola makan yang sehat memang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental. (Sbg/Er)

Comments