Diet Okinawa
Belakangan ini para penganjur pola hidup sehat serta penggiat kebugaran ramai membahas dan menjalankan pola diet Okinawa. (Foto: Facebook)

Sabigaju.com – Ada begitu banyak orang di zaman now yang sibuk mencari formula untuk hidup sehat dan panjang umur. Mereka pun menjalankan pola hidup sehat dengan giat berolahraga serta gemar menjalankan diet

Nah untuk urusan diet, masyarakat Okinawa, di Jepang ternyata telah menjalani pola diet yang membuat para penduduknya memiliki tingkat obesitas dan penyakit kronis yang kecil.

Pola diet yang dijalani pun membuat para penduduk Okinawa memiliki harapan hidup paling tinggi di dunia: 84 tahun untuk pria dan 90 tahun untuk wanita.

Kunci dari umur panjang ini tidak lain adala diet Okinawa. apa itu diet Okinawa yang belakangan ini ramai tengah ramai dijalankan oleh banyak penggiat kebugaran. Berikut uraiannya.

BACA JUGA:

Pola Makan Diet Okinawa

Sebenarnya, diet Okinawa adalah pola makan tradisional orang-orang yang tinggal di Pulau Okinawa. Menu makanannya didominasi sayuran dan seafood, serta membatasi makanan olahan.

Sebagian orang Okinawa juga makan dengan porsi moderat pada waktu makan dan memperlakukan makanan sebagai obat.

Rumput laut, pare, jamur shiitake dan fatty fish yang kaya akan fitokimia anti peradangan yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, demensia, dan beberapa penyakit kanker.

Diet Okinawa
(Foto: Instagram renlovescookie)

Dan perlu diketahui menu makan orang Okinawa terdiri dari sayuran yang ditumis atau direbus, sup miso, dan satu porsi kecil dari tahu dan ikan. Menu ini tidak hanya dimakan untuk makan siang dan makan malam.

Ya, menu serupa juga disantap untuk sarapan. Orang Okinawa tidak tertarik mengkonsumsi sereal atau kue. Sehingga mereka tidak kelebihan gula.

Orang Okinawa cenderung hanya menikmati makanan manis hanya pada acara-acara khusus saja.

Proses memasak makanan masyarakat Okinawa juga lebih banyak dengan cara kukus dan goreng dengan cepat sehingga tidak terlalu banyak tambahan lemak.

Lemak dikonsumsi dengan jalan menyantap  ikan yang kaya omega-3.

Makan untuk Hidup yang Bikin Panjang Umur

Bukan rahasia lagi bila mengonsumsi makanan tinggi serat dan lebih sedikit makanan olahan dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, diet Okinawa tidak bisa dijadikan satu-satunya alasan untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Sebagian besar orang Okinawa mengikuti ajaran Konfusianisme, yaitu hara hachi bun me atau makan tidak sampai terlalu kenyang.

Dengan kata lain, orang Okinawa memilih makan untuk hidup, dan bukan hidup untuk makan.

Filosofi ini terbukti berhasil meningkatkan kesehatan sehingga mereka pun berumur panjang. (Sbg/Rig)

Comments