makan siang sendirian
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Para pekerja kantoran umumnya sangat menyukai untuk makan siang bersama rekan-rekan kerjanya. Dan biasanyaa pekerja yang makan siang sendirian dipandang menyedihkan dan bikin kita merasa gak nyaman.

Padahal makan sendirian harusnya nggak perlu jadi masalah buat kamu. Dan harusnya kamu rutin melakukannya untuk meminimalisir penularan infeksi virus dalam situasi pandemi corona yang belum juga mereda saat ini.

Dan sebenarnya makan sendirian itu menyenangkan. Alasannya: kamu lebih mudah dapat meja di restoran yang biasanya ramai, makanan lebih cepat tersaji, lebih murah, dan kamu bisa sesukanya memesan makanan tanpa harus malu-malu.

Makan siang sendirian adalah sebuah kesempatan untuk memanjakan lidah dan perut kamu.

BACA JUGA: Usai Makan Siang, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Manfaat Makan Siang Sendirian

Makan sendirian kini tak lagi dipandang sebagai hal yang tidak lumrah. Hal ini disebabkan oleh aktivitas harian yang sangat padat hingga berdampak pada bagaimana kita menyantap makanan.

Belum lama Wall Street Journal menyoroti penelitian yang menunjukkan bahwa karyawan merasa lebih baik ketika bekerja atau makan sendirian daripada beramai-ramai.

Penelitian yang dilakukan  oleh Rottman School of Management ini menganalisis bagaimana 103 karyawan menghabiskan waktu makan siang mereka.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah karyawan yang menyelesaikan makan siang sendiri merasa lebih santai. Walaupun biasanya karyawan yang makan sendiri dilakukan sekaligus melanjutkan pekerjaan.

Sementara karyawan yang memilih untuk bersosialisasi selama istirahat merasa sedikit lebih lelah. Namun sejauh ini situasi yang paling menguras energi adalah ketika para karyawan harus berpartisipasi dalam makan siang bersama.

Makan sendirian menawarkan kita kesempatan untuk duduk dan menikmati waktu yang tidak bisa kita dapat saat makan dengan orang lain.

BACA JUGA: Makan Siang Pekerja Kantoran, Pilih yang Paling Aman

Pikiran Lebih Jernih

Saat makan siang sendirian, kita memiliki waktu untuk membersihkan pikiran, fokus dan berpikir lebih jernih.dan bisa membuat kita  untuk tetap fokus.

Bekerja tanpa henti selama 90 hingga 120 menit dengan istirahat 20 hingga 30 menit adalah waktu yang ideal untuk mempertahankan fokus dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan efisien.

Para pemimpin bisnis mengaku lebih suka menghabiskan waktu sendirian dengan cara yang lebih aktif.

Meskipun tidak semua orang menyukai kesendirian, hal tersebut dapat menjadi kunci untuk pandai mengatur waktu dan menyesuaikan suasana hati.

So gaes kini kamu nggak perlu ragu lagi  bila ingin melakukan makan siang sendirian. (Sbg/Rig)

Comments