Makan kuliner sehat bikin kita bahagia
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kita pastinya merasakan kebahagiaan setelah menyantap makanan enak. Kebahagiaan memang ada, tapi apakah berangsur lama? Dan jawabannya adalah tidak.

Kamu bahagia menyantap makanan, merasakan betapa lezatnya kuliner yang kamu santap. Tapi keesokan harinya kamu akan mengalami krisis itu lagi. Krisis di mana kamu menginginkan makanan dengan porsi seperti kemarin siang.

Menurut Pelatih kebugaran sekaligus ahli gizi di India, Diksha Chhabra, dalam kebanyakan kasus, makanan yang kaya kandungan gula dan lemak, menyebabkan peningkatan kadar hormon dopamin. Tetapi, sebaiknya pilihlah yang sehat demi kesehatanmu di masa depan.

Hormon dopamin berfungsi untuk mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf di otak dan menciptakan rasa bahagia. Dopamin bisa ditingkatkan dengan pola hidup sehat, termasuk olahraga dan makanan.

“Ketika  kamu membuat perubahan dari makanan yang tidak sehat ke resep yang lebih sehat, Kamu  mulai merasa bahagia, sehat dan baik tentang segalanya, karena lonjakan dopamin,” kata dia.

Chhabra pun menyarankan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mencapai tujuan kesehatan jangka panjang.

BACA JUGA: Makan Siang Nggak Sehat Bisa Picu Diabet Hingga Pikun

1. Makan Makanan Teratur

Hal ini untuk mencegah perubahan hormon secara tiba-tiba, membantu mengatur nafsu makanmu, sekaligus mengurangi kemungkinan makan berlebihan di malam hari.

Jumlah yang cukup di semua makanan bisa membuatmu cenderung merasa bahagia

“Nikmati makan Anda hingga empat hingga lima kali sehari, dan hindari diet ketat,” kata Chhabra.

2. Daging  Tanpa Lemak atau Telur

Tambahkan daging tanpa lemak, telur, dan susu dalam menu makanan sehari-hari Anda, karena dapat membantu menjagamu kenyang untuk waktu yang lebih lama, dan meningkatkan kadar dopamin.

3. Tambahkan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat yang termasuk dalam indeks glikemik rendah (GI) seperti gandum, membantu melepaskan gula secara bertahap dalam aliran darah.

Makanan ini membuat Anda tetap energik sepanjang hari, selain meningkatkan kadar dopamin.

BACA JUGA: Adu Makan Pedas, Konten Unfaedah Skip Aja Gaes! 

4. Pilihlah Lemak Sehat

Lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda ditemukan dalam zaitun, minyak wijen, alpukat, almond, kenari, dan ikan seperti tuna.

“Lemak dalam asupan makanan memiliki kaitan langsung dengan aktivitas dopamin di otak. Sumber lemak yang baik membantu aktivitas saraf dan kognitif yang lebih baik,” demikian tutur Chhabra.

Dengan memakan makanan sehat, kamu jadi lebih sehat. Kalau tubuhmu sehat, maka pikiran jadi tidak semrawut.

Apalagi jika kamu seorang pekerja kantoran. Tugas menumpuk dan aktivitas lainnya yang super padat pasti menguras tenaga. Bagaimana jadinya kalau pertahanan tubuhmu kurang? Kamu bakal gampang sakit.

Dengan mengganti menu makanan menjadi menu makanan sehat, kamu  bisa mendapatkan kebahagiaan hidup kok. (Sbg/Rig)

Comments