Makan siang sehat Bikin Kita merdeka dari penyakit
(Foto: Unspash.com)

Sabigaju.com – Makan siang sehat adalah aktifitas penting bagi manusia Karena dapat meningkatkan konsentrasi serta. kondisi yang lesu akibat aktifitas padat dari pagi hingga tengah hari.

Selain itu hal ini juga bisa menambah dan memulihkan energi serta dapat membuat metabolisme aktif dalam tubuhmu.

Jika kamu terbiasa untuk mengonsumsi dalam jumlah kecil, cobalah untuk dalam jumlah yang cukup.

Merdeka dari Penyakit

Kamu perlu memilih makan siang yang bergizi untuk tetap bisa menyelesaikan pekerjaan setiap harinya.

Makan siang sehat  mengandung beberapa komponen seperti: protein, lemak sehat, serat, dan sayur-sayuran. Dalam memilih makan siang, sebaiknya mengandung protein seperti ayam, ikan, telur atau kacang-kacangan.

Kamu juga disarankan agar  mengonsumsi makanan banyak serat waktu makan siang karena akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Makan siang sehat sendiri adalah upaya bagi dirimu untuk merdeka dari penyakit yang mengintai. Berikut beberapa diantaranya:

BACA JUGA: Makan Ikan Masih Minim di Negeri Maritim

Obesitas

Makan siang yang baik  bisa membantu mengurangi resikoo kegemukan

kegemukan atau obesitas biasanya Terjadi karena konsumsi karbohidrat dan lemak yang tak terkontrol sehingga menjadi cadangan lemak pada tubuh.

Makanan yang menjadi penyebabnya antara lain daging dan olahannya, susu dan olahannya, makanan dan minuman manis-manis, dan makanan cepat saji.

Penyakit jantung dan stroke

Makan siang sehat membuatmu terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke. Kamu perlu memakan makanan sehat untuk kolesterol.

Ini bisa dilakukan dengan menghindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi seperti olahan susu, krim keju, es krim, mentega, udang, bebek dan angsa, segala macam jeroan.

BACA JUGA: Sulitnya Manusia Berhenti Menyantap Makanan Sampah 

Hipertensi

Tak sedikit  orang mengabaikan makan siang dengan santapan sehat sehingga mereka mengidap hipertensi. alias tekanan darah di atas kisaran normal.

So, waspada deh, Batasi makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini diantaranya makanan asin dan yang diasap, keju, lemak hewani, minuman dengan alkohol dan kafein.

Penyakit Ginjal

Makan siang sehat membantu ginjal mu berfungi dengan baik.  Ginjal sangat penting sebab mempunyai fungsi menyaring kelebihan cairan, racun dan limbah pada tubuh.  Selain itu juga berperan mengatur tekanan darah.

Saat makan siang sehat  baiknya perhatikan berbagai makanan yang bisa menurunkan fungsi dari ginjal diantaranya makanan dengan gula, lemak dan protein tinggi, makanan cepat saji berpengawet, minuman beralkohol.

BACA JUGA: Nasi Putih Nggak Perlu Dimakan Tiap Hari! 

Diare

Makan siang yang baik dan tepat menghindarkan kita dari eresiko diare  yang bisa membuat tubuh kita lemas dan lesu lantaran kekurangan cairan tubuh.

Nah sebaiknya saat makan siang kamu hindari deh Makanan yang bisa menyebabkan diare diantaranya susu, yogurt, keju, roti bagi orang yang sensitif pada laktosa.

Hindari pula makanan pedas, asam dan santan bagi kamu yang memiliki alergi tertentu.,  (Sbg/Rig)

Comments