Makan siang harus sehat
(Foto: Pexels.com)

Sabigaju.com – Salah satu hal yang kini berlangsung diberbagai belahan dunia adalah munculnya kesadaran manusia dimana mulai sering mengkonsumsi berbagai kuliner sehat saat makan siang ketimbang sekedar mengenyangkan.

Jenis menu makan siang yang tepat memang harus sehat dan padat gizi. Kriterianya terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah, dan lemak baik. Porsi makannya juga tidak sembarangan, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Termasuk tidak mengandung lemak jahat dan santan.

Nah berikut rekomendasi Sabigaju untuk kamu yang bingung mengenai tips memilih makan siang yang tepat dan sehat

BACA JUGA: Makan Siang Sendirian Pilihan Waras Buat Pekerja Kantoran

Konsumsi Olahan Tinggi Protein

Kandungan Protein sangat bermanfaat untuk memperkuat jaringan pada tubuh sekaligus menjadi antibodi yang baik.

Oleh sebab itu, saat makan siang tiba tentu akan lebih baik apabila kamu banyak mengonsumsi banyak sumber protein yang baik seperti telur, ikan, daging, dan lain sebagainya.
Olahan tersebut dipercaya mampu memberikan efek yang baik untuk mengisi tenagamu.

Tidak Terburu-buru

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari menu makan siangmu, akan lebih baik apabila kamu mulai mencari lokasi yang tepat dan nyaman untuk menikmati santap siang.

Hindari menikmati lunch di meja kerja  karena hal tersebut akan berdampak tidak baik untuk usus maupun membuat kita sulit kenyang sebab terbaginya konsentrasi saat makan.

Carilah lokasi yang nyaman dan tepat, selain itu makanlah dengan santai dan tidak terburu-buru agar kita dapat menikmatinya dengan tenang.

BACA JUGA: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kamu Makan Siang dengan Klien 

Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah harus menjadi menu andalan yang dapat kamu santap pada saat lucnh tiba.

Sayur dan buah dapat membantu menambah serat yang diperlukan oleh tubuh. Kamu juga dapat mengolah buah menjadi jus sehingga lebih praktis untuk dinikmati.

Minum Air Putih yang Cukup

Untuk memaksimalkan manfaat pada saat lunch, jangan sampai kamu mengonsumsi banyak makanan, namun justru sedikit minum air putih. Minumlah air dengan jumlah yang tidak banyak, tetapi rutin dan sering.

Tapi jangan terlalu banyak juga yah,  sebab hanya akan membuat perut mudah kembung dan gampang kenyang.

BACA JUGA: Makan Bersama Keluarga, Hidup Kembali di Masa Pandemi

Jangan Hanya mengonsumsi karbohidrat

Roti, pasta dan pizza bukanlah pilihan yang baik untuk makan di siang hari. Jumlah karbohidrat yang dikandungnya hanya akan menggenjot energimu sesaat saja. Kamu akan segera “kelaparan” kembali dan mencari makanan dan minuman manis untuk mengganti gula darah yang turun.

Sebaiknya kamu Hindari porsi jumbo atau menu all you can eat saat makan siang. Tujuannya, agar kalori terjaga dan tidak mengganggu produktivitas selanjutnya karena kekenyangan.

Dan sediakan waktu jeda setidaknya 20 menit untuk memesan hidangan penutup rendah kalori, seperti buah atau yogurt. (Sbg/Rig)

Comments