Main Video Game
Hobi main video game justru bisa mendatangkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Meski  hobi main video game merupakan kegiatan yang menyenangkan  ironisnya hal itu justru sering dijadikan kambing hitam dari berbagai masalah.

Mulai dari alasan bisa membuat seseorang  malas belajar hingga membuat fisik menjadi sakit, semua disalahkan ke video game.

Padahal menurut penelitian, hobi main video game justru bisa mendatangkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Gak percaya? Langsung saja deh kalian simak pembahasannya berikut ini.

BACA JUGA: Sederet Hobi ini Bisa Mendatangkan Kecerdasan Bagi Cowok

1. Membuat Tubuh Selalu Fit

Para peneliti di University of Oklahoma Health Sciences Center berpendapat dirilisnya video game berbasis olahraga fisik seperti Wii Fit dan Wii Sports di console Nintendo Wii rupanya bisa memberi manfaat fisik selalu fit.

Para peneliti mengukur detak jantung serta pengeluaran energi yang dikeluarkan oleh mereka-mereka yang berusia 10-13 tahun melalui 3 aktivitas berikut: Main video game, berjalan di treadmill dan nonton TV.

Fakta lain,  anak-anak yang bermain game dengan motion control (yang harus menggerakan tubuh), mengeluarkan energi yang sama banyaknya dengan mereka yang berjalan di atas treadmill sebesar 3.5 mil per jam.

BACA JUGA: Betul Gak Sih Main Game Mobile Bikin Kerja Makin Produktif? 

2. Meningkatkan Indera Penglihatan

Seringkali  orang tua p meneriaki anaknya untuk tidak terus-terusan main game lantaran bisa membuat kedua mata kita  rusak. Alhasil kitapun hingga dewasa kerap dihantui oleh pernyataan ini.

Padahal hobi bermain video games, justru mampu meningkatkan kemampuan indera penglihatan kita.

Hal ini dibuktikan oleh kelompok studi yang dipimpin oleh Daphne Bavelier di tahun 2009.

Bavelier menguji dua kelompok yang mana, grup pertama memainkan game genre first-person shooter seperti: Call of Duty dan Unreal Tournament 2004 dan grup kedua, memainkan game simulasi git, The Sims 2.

Dari uji coba tersebut, terungkap bahwa grup yang main video game first person shooter memiliki penglihatan yang jauh lebih baik.

Spesifiknya menurut Bavelier, memainkan game action / FPS, mampu mengembangkan lebih jauh fungsi sensitifitas kontras.

BACA JUGA: Canggihnya Perangkat Bcon Bakal Bikin Asyik Bemain Game 

3. Meningkatkan Koordinasi Mata & Tangan

Masih berhubungan dengan mata, para ilmuwan dari University of Texas Medical Branch mengadakan eksperimen terhadap murid SMA, mahasiswa, dan warga medis setempat untuk melihat tingkat koordinasi dari mata dan tangan.

Perlu diingat bahwa koordinasi jenis ini umumnya sangat vital bagi mereka-mereka yang berkarir sebagai pengoperasi (bahkan bisa juga diaplikasikan yang berkarir sebagai penulis).

Dan setelah melalui pengujian secara intensif, diketahui bahwa mereka yang murid SMA memiliki koordinasi mata dan tangan yang jauh lebih baik. Setelah diselidiki, ternyata hal ini disebabkan oleh kebiasaan mereka yang kerap main video game setiap hari selama 2-3 jam lamanya.

BACA JUGA: Cowok Gamers Lebih Kuat Main Di Atas Ranjang

4. Membantu Menyembuhkan Depresi

Beberapa tahun lalu, para peneliti dari Selandia Baru menemukan penemuan revolusioner bahwa bermain video game juga mampu menyembuhkan penyakit mental yang sedang diderita terutama, depresi.

Dan penelitian ini dilakukan dengan game berjudul SPARX. Di game SPARX, pemain harus menciptakan avatar yang nantinya akan menghajar musuh-musuh yang merupakan perwujudan dari pikiran-pikiran negatif seseorang seperti: marah, sedih, dll. Di setiap level-nya, SPARX juga menampilkan fakta-fakta mengerikan dari penyakit depresi.

Setelah selesai memainkan game-nya, para peneliti menemukan bahwa para peserta langsung menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dalam menghadapi depresi yang dideritanya.

Jadi gak salah heran apabila kita sering mendengar ungkapan kalau main game bisa menghilangkan stres?

BACA JUGA: Lima Kebiasaan Fatal yang Bisa Bikin Cowok Cepat Tua 

5. Terus Awet Muda

Kalau kamu tidak ingin cepat terlihat tua sering-seringlah main video game.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Iowa beberapa tahun lalu terhadap 681 orang yang berusia 50 tahun atau lebih, terungkap bahwa mereka yang memainkan video game selama 10 jam dalam 5-8 minggu, memiliki kenaikan tingkat penyembuhan jiwa dan raga selam 6,5 tahun lebih lama!

Dengan kata lain hobi main video game bisa bikin kamu terlihat makin awet muda. (Sbg/Mrv)

Comments