Baby Shark
Di pantai Pulau Tinabo kamu bisa berenang dan bermain sambil ditemani kumpulan baby shark. (Foto: Instagram wdkds)

Sabigaju.com – Salah satu lagu anak yang paling banya digemari dan diputar saat ini adalah lagu Baby Shark. Popularitas lagu yang tengah menanjak membuat nyaris semua bocah mendengarnya.

Jika dalam versi animasi Baby Shark digambarkan sebagai sosok yang lucu dan menggemaskan, kini saatnya membawa buah hati kamu ke Pulau Tinabo untuk benar-benar bermain dengan kumpulan ikan hiu yang lucu.

Pulau Tinabo yang berada di bagian timur Pulau Selayar ini penuh dengan bayi hiu yang lengkap dengan pasir putih dan air laut yang tenang. Tidak perlu takut, karena bayi hiu di sini ternyata jinak, bahkan siapa pun bisa memberi makan secara langsung.

Bermain dengan Baby Shark

Memberi makan dan bermain air dengan bayi hiu di kolam mungkin sudah lazim, namun jika memberinya makan langsung di alam bebas, yang merupakan habitat mereka, tentu tak biasa.

BACA JUGA: Menikmati Keindahan Surga di Pantai Pulau Ora

Di sekeliling Pantai Tinabo yang berpasir putih, kamu bisa memberi makan langsung bayi hiu yang hidup bebas dan liar di perairan pulau tersebut. Bukan itu saja, pengunjung juga bisa berenang dan menyelam di permukaan air bersama sekumpulan bayi hiu.

Kamu tak perlu khawatir dengan kumpulan baby shark yang berseliweran di perairan sekeliling Pantai Tinabo sebab mereka tidak ganas. Ukurannya rata-rata sebesar lengan atau betis orang dewasa dan panjangnya sekitar setengah meter.(Foto Instagram margarethapriska1)
Kamu tak perlu khawatir dengan kumpulan baby shark yang berseliweran di perairan sekeliling Pantai Tinabo sebab mereka tidak ganas. (Foto: Instagram margarethapriska1)

Kamu tak perlu khawatir, karena kumpulan bayi hiu yang sering berseliweran di perairan sekeliling Pantai Tinabo tidak ganas. Ukurannya rata-rata sebesar lengan atau betis orang dewasa dan panjangnya sekitar setengah meter. Malah banyak yang ukuran lebih kecil.

Adapun bayi hiu yang terdapat di depan pantai Pulau Tinabo ini termasuk spesies blacktip shark alias hiu bersirip hitam.

 

Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Pulau Tinabo untuk bermain dengan baby shark. (Foto: Instagram daneer_91)
Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Pulau Tinabo untuk bermain dengan baby shark. (Foto: Instagram daneer_91)

Meski hidup liar di lautan, kumpulan Baby Shark itu pun tak takut berkeliaran di dekat pengunjung yang turun ke air. Bahkan, bayi hiu tersebut akan lebih dekat lagi dengan pengunjung yang memberi makan.

Hanya bayi hiu saja yang selalu berenang ke pantai, kalau ikan yang dewasa tempatnya di tengah laut. Bayi hiu ini pun kalau beranjak besar akan meninggalkan pantai dengan sendirinya.

Sisi lain Pulau Tinabo dan Spot Kima

Di Pulau Tinabo terdapat spot untuk snorkeling. Tepatnya di depan dermaga kayu. Spot itu bernama Spot Kima atau Taman Kima di Tinabo yang termasuk ke dalam salah satu bagian Konservasi Kima.

Kima atau disebut juga dengan Kerang Raksasa merupakan salah satu spesies yang dilindungi di Taman Nasional Taka Bonerate. Karena Kima merupakan hasil laut yang bernilai ekonomi tinggi.

Di Pulau Tinabo terdapat spot untuk snorkeling. Tepatnya di depan dermaga kayu. Spot itu bernama Spot Kima atau Taman Kima. (Foto: Instagram awanium)
Di Pulau Tinabo terdapat spot untuk snorkeling. Tepatnya di depan dermaga kayu. Spot itu bernama Spot Kima atau Taman Kima. (Foto: Instagram awanium)

Harus hati-hati juga jika snorkeling di Spot Kima. Awalnya memang malu-malu jika kita dekati, Kima akan menutup mulutnya.

BACA JUGA: Lembah Ramma, Pesona Alam Indonesia Dengan Nuansa Eropa

Tapi jangan sampai lengah juga karna sewaktu-waktu bisa mencapit dan susah untuk dilepaskan. Tidak hanya Kima saja yang bisa dilihat di sini, tapi banyak juga ikan-ikan cantik dan terumbu karangnya yang masih terjaga.

Keindahan bawah laut di area Spot Kima atau Taman Kima yang terdapat di Pulau Tinabo. (Foto Instagram will_jonatan)
Keindahan bawah laut di area Spot Kima atau Taman Kima yang terdapat di Pulau Tinabo. (Foto Instagram will_jonatan)

Meski Pulau Tinabo wajib masuk dalam daftar perjalananmu, namun, destinasi ini sendiri belum seramai destinasi wisata lain yang ada di Indonesia.

Belum tersedianya transportasi reguler dan lamanya perjalanan menuju lokasi menjadi salah satu alasan kenapa masih banyak wisatawan yang belum mengunjungi tempat ini. (Sbg/Rig)

Comments