Sabigaju.com – Hingga kini masih banyak orang yang menyakini mitos bila daun kelor memiliki khasiat magis bisa mengalahkan kekuatan makhluk halus mengusir hantu hingga menghalau kekuatan jahat klenik seperti guna-guna, santet, teluh atau sejenisnya

Lantaran mitos itu pula banyak orang yang menanam pohon kelor. Tapi tahukah Anda kalau ternyata Daun Kelor yang punya nama ilmiahny Moringa Oleifera ini ternyata memiliki khasiat medis yang dahsyat bagi kesehatan manusia.

Hal tersebut di akui ole seorang peneliti bernama Fuglie LJ yang kemudian membukukannya pada tahun 1999 dalam jurnal berjudul “The Miracle Tree: Moringa oleifera: Natural Nutrition for the Tropics”.

Menurut Fuglie LJ, daun Kelor ternyata mengandung vitamin A, vitamin C, Vit B, kalsium, kalium, besi, dan protein, dalam jumlah sangat tinggi yang mudah dicerna dan diasimilasi oleh tubuh manusia.

Hasil penelitian Fuglie pun didukung oleh Dr Gary Bracey, seorang motivator, dan ahli kesehatan di Afrika yang menyebut bahwa serbuk daun Kelor mengandung
15 kali Kalium yang terkandung dalam pisang
10 kali Vitamin A yang terkandung dalam Wortel
4 kali Beta Carotene yang terkandung dalam Wortel
25 kali Zat Besi yang terkandung dalam bayam
17 kali Kalsium dan 2 kali Protein yang terkandung dalam Susu
9 kali Protein yang terkandung dalam Yogurt
6 kali Zinc yang terkandung dalam almond
5 kali Serat (Dietary Fiber) yang terkandung dalam sayuran pada umumnya
6 kali Asam Amino yang terkandung dalam bawang putih
100 kali GABA (gamma-aminobutyric acid) yang terkandung dalam beras merah
2 kali Phenol Poly terkandung dalam Red Wine
50 kali Vitamin B2 yang terkandung dalam Sardines
50 kali Vitamin B3 yang terkandung dalam Kacang
4 kali Vitamin E yang terkandung dalam Minyak Jagung
4 kali Vitamin B1 yang terkandung dalam daging babi

Dari penjelasan tersebut tentunya kitak tak bisa lagi mengaanggap sepele terhadap daun kelor. Berbgai kandungan tersebut justru membawa pandangan daun kelor memiliki khasiat medis alami.

Dalam tabel telihat bahwa daun kelor memiliki kandungan vitamin A dengan kadar 15 kali dari wortel, membuat sayur ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain itu data di tabel juga menunjukan besarnya kandungan kalium pada daun kelor yang 15 kali Kalium yang lebih besar dari dalam pisang.Fungsi Kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak yang sehat hal ini menunjukan kalau daun kelor dapat mencerdaskan.

Melihat panjangnya khasiat daun kelor baik dari sisi magis ataupun bukti ilmiah di sisi medis rasanya kita perlu meninjau ungkapan kalau dunia tak selebar daun kelor. (Sbg/rig)

Comments