Lukisan Laksamana Malahayati (Sumber: israIndonesia.org)

Sabigaju.com – Dalam waktu dekat, Mabes TNI khususnya TNI Angkatan Laut akan membuat film yang mengangkat kisah heroik panglima perang perempuan dari Aceh, Laksamana Malahayati.

Jika rencana ini berhasil diwujudkan , berarti  bertambah lagi kisah sosok perempuan pemberani asal Tanah Rencong, Aceh, bakal diangkat ke layar lebar.

Lantas Kapan Film Laksamana Malahayati ini bakal digarap?

Dukungan Panglima TNI

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo menuturkan, pihaknya sudah mempertimbangkan dengan matang dan memilih Malahayati untuk diangkat dan difilmkan.

“Malahayati ini semakin digali semakin hebat, di mana tahun 1500-an ternyata di Aceh sudah ada Akademi Angkatan Laut dan Malahayati adalah lulusan Akademi Angkatan Laut di Aceh itu,” ujar Gatot di Gedung Teater di TIM, Cikini, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri Festival Film Nusantara (FFN) (Foto: Instagram puspentni)

Tidak main-main Gatot mengaku bahwa produksi film ini nantinya akan memerlukan waktu yang cukup lama. Pihak mabes TNI pun sampai melakukan studi banding ke Turki untuk mempelajari sosok Malahayati.

“Pembuatan film Malahayati perlu waktu karena studi kepustakaannya sampai ke Turki belajarnya. Malahayati dulu dalam pelayaran sudah menggunakan kompas bintang yang sekarang dikenal. Jadi ini mendunia, maka kita perlu mengadakan studi kepustakaan sehingga benar-benar cerita ini bisa di narasi dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Gatot.

Gatot pun memberi sinyal bahwa proses penggarapan film ini bakal berlangsung dalam kurun waktu tak lama lagi.

“Mudah-mudahan tahun ini kita sudah mulai (produksi filmnya),” ujar Gatot usai menyaksikan Festival Film Nusantara (FFN) dalam rangka HUT TNI Ke-72 di Gedung Teater Taman Ismail Marzuki.

Langkah Awal Lewat Komik Keumala Malahayati

Baru-baru ini akun Instagram Marcella Zalianty telah mempublikasikan sebuah gambar cover dari sebuah komik tentang sosok panglima perang asal Aceh, Laksamana Keumalahayati.

Yang menarik, pada gambar tersebut, selain terdapat nama Marcella Zalianty, nama Ilustrator Rudy AO ada sebuah logo dari Keana Films, dari rumah produksi yang ikut membesut film ‘Rectoverso’ serta ‘Mantan Terindah’.

Komik Laksmana Keumala Malahayati

Apakah hal ini menandakan Marcella dan rumah produksi Keana akan berada di balik layar pembuatan film Laksmana Malahayati?

Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

Berbagai pihak banyak yang telah mengusulkan agar Laksamana Malahayati, sang laksamana perempuan di Aceh, diusulkan menjadi Pahlawan Nasional.

Beberapa waktu lalu Komisi X DPR RI yang diketuai oleh Teuku Riefky Harsya mendukung penuh usulan pencalonan Laksamana Malahayati menjadi Pahlawan Nasional. Komisi X akan meminta Pimpinan DPR RI untuk mengeluarkan surat rekomendasi terhadap usulan tersebut.

Sekilas Tentang Laksamana Keumala Malahayati

Malahayati adalah seorang perempuan pejuang dari Aceh pada abad ke XVI dan awal abad XVII. Ia diangkat menjadi laksamana atau Panglima Armada Angkatan Laut Kerajaan Aceh yang saat itu kekuatannya terdiri dari satuan tempur Inong Balee, para janda yang telah ditinggal mati oleh suami mereka, saat bertempur melawan penjajah.

Wanita asal Aceh ini merupakan Laksamana perempuan pertama di kehidupan modern.

Laksamana Malahayati memimpin dua ribu orang pasukan Inong Baleedan mengkonfrontasi langsung armada kolonial Belanda pada tahun 1599.

Lukisan Laksmana Malahayati di Museum Bahari Jakarta

Malahayati lah yang membunuh Cornelis de Houtman, penemu jalur pelayaran Eropa ke Indonesia, dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal.

Laksamana Malahayati meninggal dunia sekitar tahun 1606, setelah ia gugur saat bertempur melawan pasukan portugis di Perairan Selat Malaka. Ia dimakamkan di lereng Bukit Lamkuta, sebuah desa nelayan yang berjarak 34 kilometer dari Banda Aceh. (Sbg/Rig)

Comments