Sumber: Vivienne Westwood Fall Collections, Fashionisers, 2017

Sabigaju.com – Pagelaran busana kelas internasional London Fashion Week diselenggarakan mulai tanggal 16 hingga 20 Februari 2018 di London, Britania Raya. Selain dirayakan oleh umat fashion sedunia, ternyata tahun ini pagelaran London Fashion Week juga disambut dan didukung penuh oleh Mayor of London Sadiq Khan. Hal ini dikarenakan pagelaran bergengsi ini mengusung tema Green Campaign atau ‘Kampanye Hijau’ bernama Fashion SWITCH.

London Fashion Week Menjadi Unik dengan Mendukung Kampanye Hijau

Diadakan secara resmi dari tanggal 16 sampai 20 Februari 2018, London Fashion Week adalah acara tahunan yang dirayakan sepanjang bulan. Tahun ini, tema yang digadang-gadangkan adalah Fashion SWITCH to Green. Di bawah naungan tema ini, London Fashion Week mewujudkan inisiatif peduli lingkungan dari seluruh pelaku dan merek mode di dunia. Salah satunya dengan menerapkan komitmen untuk menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan di setiap aspek pekerjaan mereka.

Hal ini beriringan dengan Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UN Framework Convention on Climate Change) yang dirangkum dalam Paris Agreement. Dimana pada 2020 dunia akan siap untuk mengantisipasi perubahan iklim global. London Fashion Week 2018 menekankan pentingnya kepedulian pelaku mode dalam menjalankan dan mengembangkan kreativitas mereka. Hal ini terutama dalam menciptakan tren busana dan gaya. British Fashion Council, sebagai penyelenggara, juga memikirkan dengan serius cara menerapkan kreativitas mode yang ramah lingkungan.

“Proyek Fashion SWITCH ini mengajak para desainer dan pelaku bisnis mode untuk meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan dan mendukung investasi untuk energi terbarui di Inggris.” Aku Caroline Bush, Ketua Pelaksana British Fashion Counci.

Alasannya menunjuk Vivienne Westwood sebagai ikon tahun ini karena Vivienne adalah desainer sekaligus aktivis lingkungan. Ia telah menyandang banyak pengakuan serta penghargaan dalam kiprahnya di bidang mode. Dalam setiap desain dan pameran pakaiannya, Vivienne selalu menonjolkan segi positif dari mode dan ramah lingkungan.

London Fashion Week Diikuti Oleh Sederet Merek Desain Bergengsi

Beberapa merek yang akan mengisi panggung London Fashion Week 2018 diantaranya adalah Kering, Juicy Couture, River Island, Selfridges, Belstaff, Christopher Raeburn, dan Stella McCartney. Nama-nama ini tentunya hanya sebagian kecil dari keseluruhan merek yang akan tampil. Daftar ini akan menunjukkan koleksinya sepanjang Februari, baik di panggung peragaan maupun di Show ROOMS London, ruang pameran mode dari merek yang berpartisipasi.

Dari sekian banyak agenda kegiatan dalam LFW 2018, London Fashion Week Festival adalah salah satu rangkaian acara yang banyak dinantikan penggemar mode. Termasuk para tokoh dan selebriti dunia seperti Anna Wintour, Sienna Miller, Kate Moss, Cara Delevigne dan pesepakbola legendaris David Beckham. Bulan Februari ini, London Fashion Week akan memamerkan karya desainer untuk musim Gugur dan Dingin 2018 (Autumn Winter 2018). Mengambil lokasi utama di Store Studios and Ambika P3 Show Space, LFW 2018 juga akan menjadi sorotan yang dinantikan mata dunia di industry mode tahun ini. (Sbg/Nvl)

Comments