Nafsu berbelanja
Salah satu godaan terbesar di Bulan Ramadhan ini nafsu berbelanja berbagai hal yang kita pikir berguna. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Selain menahan lapar dan haus, saat menjalankan ibadah puasa, kita juga diperintahkan untuk menahan berbagai godaan hawa nafsu Nah Salah satu godaan terbesar di Bulan Ramadhan ini nafsu berbelanja berbagai hal yang kita pikir berguna.

Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor pendorong dan pemicu seseorang berbelanja lebih di bulan puasa. Misalnya, membeli barang karena lapar mata, ataupun memborong persiapan lebaran yang sifatnya seakan wajib dan diperlukan oleh kita

Nah agar keuanganmu tidak hancur berantakan lantaran godaan nafsu berbelanja di bulan puasa ada baiknya kamu memahami hirarki keinginan berbelanja alias buyerarchy of need dari ilustrasi yang dibuat oleh Sarah Lazarovic seorang ilustrator asal Kanada yang terinspirasi dari teori hirarki keinginan ala Abraham Maslow.

Nafsu Berbelanja
(Foto: Instagram sarahlazarovic)

Hal ini penting agar barang yang kamu beli lantaran sebatas nafsu berbelanja malah menjadi sampah yang menumpuk di rumah.

Agar tidak tergoda jeratan nafsu berbelanja, ada enam lapisan hirarki keinginan membeli yang harus disadari sebelum mengeluarkan uang.

Tiga lapisan terbawah termasuk tak mengeluarkan uang, sedangkan tiga lapisan teratas membutuhkan duit.

Gunakan apa yang Kamu Punya

Pada lapisan paling bawah hirarki keinginan membeli adalah menggunakan apa yang dimiliki.

Jadi, sebelum membeli, Anda harus mengingat kembali apakah barang dengan fungsi serupa sudah dimiliki sebelumnya. Atau bila terkait pakaian, apakah pakaian yang akan dibeli sebenarnya sudah dipunyai?

Maka itu, penting untuk menyimpan barang-barang yang dimiliki secara terorganisir. Rawat dengan baik agar bisa bertahan lama dan menghemat pengeluaran Anda. Gunakan yang lama sebelum membeli baru.

BACA JUGA: Waspada! Ini 5 Trik Toko yang Bikin Kamu Boros Saat belanja 

Pinjam

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar tidak terjerumus godaan nafsu berbelanja adalah dengan jalan meminjam.

Ini adalah cara lain untuk menghemat uang milikmu dengan menggunakan barang sementara dan kemudian mengembalikannya.

Tukeran alias Barter

Untuk menghindari nafsu berbelanja kamu bisa melakukan barter barang dengan orang yang memiliki barang yang kamu butuhkan.misalnya dengan sepupu ataupun teman dekat yang memiliki barang yang kamu butuhkan

Tak perlu malu-malu barter kalau memang perlu. Bila tak biasa, mungkin kamu bisa ikut event yang digelar komunitas sehingga pilihan barang yang tersedia makin banyak.

BACA JUGA: Kaum Milenial, Boros Habiskan Banyak Uang Untuk Makan dan Belanja

Bikin Sendiri alias DIY

Membuat barang memang membutuhkan ongkos, tetapi bisa lebih menghemat dibandingkan membeli barang jadi. Tapi, kebanyakan orang enggan mengingat waktu yang dibutuhkan untuk membuat biasanya lebih panjang daripada membeli jadi.

Di sisi lain, seiring waktu, keterampilanmu bertambah. kamu bahkan bisa memperbaiki kerusakan kecil di rumah, mendekorasi ulang ruangan atau membuat karya senimu sendiri.

Ingat ada ribuan laman dan video DIY di Internet yang bisa jadi inspirasi kamu untuk merubah barang yang diinginkan. Manfaatkan gaes. Menjadi moderen bukan berarti kita harus boros.

Hal ini juga bisa diterapkan dengan makanan, kamu bisa menghemat biaya makan dengan cara memasak sendiri di rumah dibanding jajan di restoran bukan?.

BACA JUGA: Pria Mampu Menghabiskan Uang Lebih Banyak Saat Belanja Pakaian 

Beli Bekas

Untuk menghemat pembelian barang dengan biaya paling murah. kamu bisa membeli barang bekas Ada dua level beli bekas, yakni membeli untuk diri sendiri atau menjual sehingga bisa mendapat penghasilan tambahan.

Membeli barang bekas seringkali menguntungkan karena sejumlah toko menawarkan barang berkualitas dengan harga lebih miring. Garage sales maupun online tak masalah, sepanjang kamu membutuhkannya, bukan atas dasar keinginan

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Keluar dari Middle Income Trap 

Membeli

Nah, dilapisan puncak piramida barulah kamu membeli barang baru. Meski begitu, masih ada cara bijak dalam menghabiskan uang.

Jalan-jalanlah dulu untuk tahu toko mana yang menawarkan harga terbaik. Cari-cari diskon via online juga bisa kamu lakukan.

Dan jangan pernah ragu untuk menawar harga barang dari penjual. Langkah lainnya memastikan kamu punya uangnya sebelum membeli barang.

Semoga ini berguna untuk membantumu agar tidak tergoda nafsu berbelanja (Sbg/Rig)

Comments