tempat makan dim sum

Sabigaju.com – Dim sum adalah makanan kukus tradisional yang berasal dari China Kanton. Secara historis dim sum sudah beredar sejak era Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (abad 14 M). Jaman dulu dim sum disuguhkan di kedai teh sebagai teman untuk minum teh.

Dim Sum sendiri dibagi atas 4 jenis atau kategori yaitu dim sum kukus, ceker, acar, dan aneka masakan dim sum goreng dan dim sum manis. Kalau dideskripsikan lagi, makanan dim sum yang beredar di Indonesia itu secara garis besar adalah Hakau, Har Gow, Shao Mai, Char Siu Baau, Mantou, Ceker (Phoenix Claw).

Source: Eaterla.com

Meskipun berasal dari china, makanan ini awal mulanya malah lebih dikenal berasal dari Hong Kong. Budaya seni memasak Dim Sum di Hongkong ini berasal di provinsi Guangdong. Dimana di tempat tersebut banyak kedai makanan cina yang sering menghidangkan dim sum. Makanan ini menjadi favorit bagi orang tua yang sering berkumpul  selepas senam pagi sambil membaca surat kabar pagi.

Sedangkan di Indonesia, awal mulanya dim sum ini muncul sebagai appetizer pada restoran China dan merupakan hidangan eksklusif pada saat itu. Namun seiring dengan perkembangan zaman, dim sum kini sudah menjadi makanan yang cukup umum untuk dicari. Nah, untuk tempat makan dim sum yang juara di Jakarta, Sabigaju punya list-nya untuk Sobat Sabi.

Lima Referensi Tempat Makan Dim Sum di Jakarta

Di Jakarta sendiri ada beberapa tempat yang menurut kami bisa kamu pertimbangkan kalau lagi ingin menikmati dim sum. Berikut adalah 5 daftar tempat makan dim sum yang perlu kamu kunjungi:

1. Table 8

source : themulia.com

Ini adalah tempat dimana kamu bisa mendapatkan dim sum yang dipastikan enak. Meskipun harga makanan di tempat ini tergolong pricey, kami bisa pastikan bahwa hidangan dim sum yang digusuhkan tidak akan mengecewakan..

Harga: Rp 800.000 untuk 2 orang

Alamat: Hotel Mulia, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta

2. Fook Yew

jakarta
source: we-heart.com

Fook Yew adalah salah satu restoran nyentrik dan kekinian di bawah manajemen Ismaya Group. Restoran dengan interior gaul ini ternyata mempunyai beberapa jenis dim sum yang harus kamu coba.

Harga : Rp 300.000an untuk 2 orang.

Alamat :

Gandaria City, Lantai Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda

Pacific Place Mall, Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta

Grand Indonesia Mall, Lantai 5, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta

3. Imperial Kitchen & Dim Sum

source : http://tipsuntukkuliner.blogspot.co.id

Tempat ini memiliki menu makanan jagoan berupa dim sum kukus dan goreng, seperti siomay, lumpia saos tiram, xiao long bao. Di tempat ini kamu bisa pesan makanan utama yang enak seperti nasi goreng bebek, bakmi, shrimp wonton dan lain-lain.

Harga: Rp 220.000-an untuk 2 orang

Alamat: Mall Ciputra, Lantai Lower Ground, Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Jakarta

Kuningan City, Lantai 3, Jl. Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta

Carrefour Lebak Bulus, Lantai Ground, Jl. Lebak Bulus Raya, Lebak Bulus, Jakarta

Citywalk Sudirman, Lantai Ground, Jl. KH Mas Mansyur, Sudirman, Jakarta

Plaza Atrium, Lantai Ground, Jl. Senen Raya No. 135, Senen, Jakarta

4. Crystal Jade

Cabang Gandaria. Source : registrye.com

Crystal Jade juga merupakan salah satu tempat yang harus dicoba oleh pecinta dim sum. Dengan harga yang bersahabat, kamu bisa mencoba berbagai jenis dim sum yang dijamin tidak mengecewakan.

Harga: Rp 300.000 untuk 2 orang

Alamat:

Grand Indonesia Mall, Lantai Upper Ground, East Mall, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta

Pacific Place Mall, Lantai 4, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta

Plaza Senayan, Lantai 3, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta

Gandaria City, Lantai Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda

5. Lamian Place

source : loveindonesia.com

Sebenarnya Lamian Place lebih dikenal sebagai restoran Chinese Food. Namun restoran ini juga menyajikan berbagai jenis dim sum enak yang harus kamu coba.

Harga Rp 170.000an  untuk 2 orang

Alamat: Grand Indonesia Mall, Lantai 5, Sky Bridge, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta (Sbg/Ary)

Comments