toxic relationship

Sabigaju.com – Sebuah hubungan asmara akan berjalan baik dengan adanya kerja sama antara kedua belah pihak. Peran yang seimbang dan adanya kesempatan yang sama besar untuk memenuhi hasrat individu sekalipun sedang sama-sama terikat dalam sebuah komitmen adalah kunci untuk terus melangkah maju dan membina hubungan jangka panjang.

Memang ada saatnya di mana Anda dan pasangan harus berkompromi, atau bahkan mengalah demi satu sama lain. Namun, bukan berarti itu harus terjadi terus-terusan. Dia tidak harus selalu mengikuti kehendak Anda, Anda pun tidak harus selalu mengikuti kehendaknya, sebab hubungan yang baik itu adalah berjalan dengan seimbang; tiada dominasi.

Hubungan yang banyak dominasi, itu adalah hubungan beracun alias toxic relationship. Bagi Anda yang berencana menjalin hubungan dalam jangka panjang, hubungan yang terindikasi sebagai toxic relationship tidak bisa diharapkan. Bukan hanya akan menyulitkan peran Anda sebagai pasangan nantinya, toxic relationship juga bisa membuat kualitas hidup dan kualitas diri Anda sebagai individu menurun. So, jangan sampai Anda terjebak dalam hubungan yang lebih banyak bikin menghela nafas ini ya.

Di bawah ini adalah lima ciri toxic relationship:

1. Dia memandang rendah Anda

Seringkali dia tidak menunjukkan apresiasinya terhadap Anda. Apapun yang Anda lakukan akan selalu salah dan selalu kurang di matanya.

2. Sikapnya membuat Anda merasa nggak berharga

Terus menerus membiarkan dia memandang rendah Anda, pada akhirnya akan membuat Anda memercayai kata-katanya bahwa Anda memang serendah itu. Di alam bawah sadar Anda, Anda turut meyakini bahwa Anda tidak berharga seperti apa yang selama ini dia bilang, dan itu akan mempengaruhi sikap Anda.

3. Dia ingin Anda selalu bersamanya

Apapun yang membuat Anda dan dia terpisahkan, baginya itu tidak boleh ada. Ini akan menyulitkan Anda untuk beraktivitas serta melakukan kebutuhan pribadi Anda. Jangan lihat ini sebagai tanda sayang dan sebagai sesuatu yang lucu, karena jauh dari balik itu; dia sedang menciptakan tembok untuk mengurung Anda dari dunia luar.

4. Dia berusaha mengendalikan Anda

Seiring dengan keinginannya untuk selalu bersama Anda, dia juga berusaha mengambil alih kendali atas diri Anda. Di bawah kendalinya itu, Anda diperlakukan sebagai seseorang yang tak berdaya menentukan mana yang baik dan tidak baik untuk diri Anda sendiri.

5. Dia sering cemburu tak jelas

Dia tak hanya akan menunjukkan kecemburuannya ke Anda, karena dia takkan segan untuk menunjukkan itu langsung ke orang yang ia cemburui. Parahnya lagi, cemburunya pun hampir selalu tak beralasan dan lebih sering didasari oleh keegoisan dirinya sendiri.

Toxic relationship tak selalu kasat mata. Kadang ia sembunyi di balik manisnya cinta dan kebahagiaan semu yang ditawarkan. Jadi, wajar saja jika seseorang yang berada dalam toxic relationship tidak menyadari bahaya apa yang sedang mengintainya. Just respect yourself, hanya dengan begitulah Anda bisa memberi jarak aman bagi diri Anda dari orang-orang yang hanya menebar racun ke dalam hidup Anda. (Sbg/Ftr)

Comments