Musim Hujan
Ada beberapa jenis superfood yang berfungsi untuk menjaga staminamu serta melindungi tubuh dari serangan penyakit untuk dikonsumsi di musim hujan. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Sebagai negara tropis, Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Nah di musim hujan kita dianjurkan agar mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh serta tidak lupa mengkonsumi makanan yang hangat.

Ada beberapa jenis makanan bergizi yang asyik untuk dikonsumsi saat musim hujan.Makanan bergizi yang dimaksud di sini tentunya bukan cuma protein dan karbohidrat. Vitamin dan antioksidan juga diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan sistem imun.

Dilansir laman Healthline baru baru ini, berikut beberapa jenis superfood yang bisa membantu dan menjaga kamu dari serangan penyakit di musim hujan, Simak yah.

BACA JUGA:

1. Sup Ayam Mantap di Musim Hujan

Musim Hujan
Foto: (Selera Nusantara)

Daging ayam mengandung vitamin B6 yang tinggi. Sekitar 300 gram daging ayam saja sudah bisa memenuhi lima puluh persen kebutuhan harian vitamin B6 yang disarankan. Vitamin B-6 penting untuk pembentukan sel darah merah dan membantu reaksi kimiawi tubuh.

Makanan sup ayam mengandung gelatin, chondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh. Kaldu juga menyediakan cairan yang dibutuhkan tubuh selama sakit flu.

Sementara garam membantu menjaga saluran hidung agar tetap bersih dan selaput lendir tipis. Kurang lebih manfaatnya seperti obat batuk. Jika Anda meminum kaldunya selagi panas, kuah sup ayam juga bisa bertindak sebagai dekongestan alami.

2. Bawang Merah dan Bawang Putih

Musim Hujan
(Foto: Daily Express)

Baik bawang merah maupun bawang putih mengandung beberapa senyawa antioksidan yang bisa menangkal sejumlah virus dan bakteri. Dengan demikian mampu mencegah infeksi hingga menurunkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit kanker.

Bawang putih terutama mengandung senyawa allicin yang ampuh untuk mencegah berbagai penyakit. Khasiatnya paling tinggi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

3. Kerang

Musim Hujan
(Foto: Unsplash)

Kerang kaya akan seng yang diperlukan sel-sel kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Walaupun begitu seng tidak disarankan untuk dikonsumsi melebihi jumlah yang disarankan. Untuk pria dewasa ukurannya adalah 11 miligram, sementara wanita membutuhkan 8 miligram. Pasalnya terlalu banyak seng juga dapat menghambat fungsi sistem kekebalan.

4. Pepaya

Musim Hujan
(Foto: Unsplash)

Jenis buah yang juga kaya akan kandungan vitamin C adalah pepaya. Satu buah pepaya mengandung 224 persen jumlah vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Pepaya juga memiliki enzim pencernaan papain yang memiliki efek antiinflamasi. Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, semuanya bermanfaat bagi kesehatanmu secara keseluruhan.

5. Jeruk

Musim Hujan
(Foto: Unsplash)

Buah-buahan dari golongan sitrus seperti jeruk keprok, grapefruit, jeruk nipis, hingga lemon merupakan sumber utama vitamin C. Vitamin C sendiri sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuhmu.

Tak hanya itu, jeruk-jerukan mengandung lebih dari delapan ribu flavonoid, kalium, asam folat, dan serat. Jeruk-jerukan juga mampu mencegah penyakit kardiovaskular, inflamasi, dan kanker. (Sbg/Rig)

Comments