Sajian Takjil
Salah satu hal menarik dari bulan Ramadhan adalah maraknya pedagang yang menjajakan sajian takjil sebagai makanan berbuka puasa. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Salah satu hal menarik yang bisa dirindukan dari bulan Ramadhan adalah hadirnya sajian takjil sebagai makanan berbuka puasa .

Banyak orang yang menyukai sajian  takjil ini karena rasanya membuat ketagihan lantaran itulah ramainya masyarakat yang berburu sajian takjil terjadi di berbagai penjuru kota Jakarta selama bulan puasa 2019.

Nah, jelang berakhirnya bulan puasa 2019  ada lima sajian takjil yang paling populer dan sering kita lihat dimana-mana. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Aman Enggak Sih Berbuka Puasa dengan Makanan dengan Wadah Plastik

Kolak

(Foto: Instagram)

Panganan yang merupakan campuran gula kelapa dengan salah satu buah atau sayur seperti: Pisang atau Labu ini tak dipungkiri selalu identik dengan bulan Ramadhan.

Mau disajikan panas atau dingin, yang jelas Kolak kerap dijadikan takjil favorit di bulan puasa.

BACA JUGA:  Segudang Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Para Pria Kekinian

Kurma

Inilah buah kecil yang identik dengan bulan Puasa. Bahkan masih banyak dari kita yang ketika bedug puasa bertabuh, langsung membatalkan puasa dengan memakan Kurma.

(Foto: Instagram)

Tak mengherankan. Pasalnya selain merupakan makanan yang juga biasanya dimakan saat berbuka oleh Nabi besar Muhammad SAW.

Kurma pada dasarnya mengandung kandungan gula yang sangat tinggi yang alhasil, mampu mengembalikan tenaga yang hilang selama satu hari puasa.

BACA JUGA: Ragam Jenis Buah yang Dapat Kamu Konsumsi Saat Berbuka Puasa

Cendol

(Foto: Instagram)

Sajian takjil ini mau dicampur durian, kacang merah,merupakan pelepas dahaga favorit rakyat Indonesia .

Cendol memiliki rasa manis yang super segar dan nikmat yang alhasil, kerap dijadikan favorit untuk berbuka puasa.

Lemper

Entah mengapa kami merasa bahwa sajian takjil yang berasal dari beras  dan ketan ini, kini jauh lebih populer disajikan sebagai menu takjil buka puasa terutama, di mesjid-mesjid.

(Foto: Instagram)

Dan mungkin kepopuleran ini lantaran sebagian masyarakat  masyarakat Indonesia kerap merasa “belum makan” kalau belum makan nasi atau panganan apapun yang berasal dari beras.

Hal lain yang membuat orang penasaran untuk menyantap sajian takjil ini adalah  misteri apa yang di dalam lemper, apakah suwiran ayam, daging sapi ataupun udang yang membuat kuliner ini begitu sedap disantap.

BACA JUGA: Awas! Makan Gorengan Setiap Hari Bisa Picu Resiko Kematian Dini 

Gorengan

(Foto: Instagram)

Sama hal-nya seperti Lemper bisa dikatakan sajian takjil gorengan baik itu, tempe, singkong, bakwan, risoles, kini jauh lebih populer di masjid-masjid atau rumah-rumah teman kita sebagai menu takjil puasanya.

Walau sajian takjil ini ini dianggap kontroversial lantaran diolah dengan kadar minyak tinggi yang mampu merugikan kesehatan jantung kita, toh tetap saja banyak yang mengkonsumsinya. (Sbg/Rig)

Comments