Sabigaju.com – Jakarta menyimpan banyak memori dan peninggalan yang melegenda. Tidak hanya tentang sejarah perjuangan Indonesia, tapi juga restorannya lho, sob. Dan ternyata, restoran legendaris di Jakarta ini umurnya sudah mencapai hingga puluhan tahun, dengan cita rasa yang terjaga dari generasi ke generasi. Apa saja restoran legendaris di Jakarta? Ini dia!

Restoran Legendaris di Jakarta

1. Mie Gadjah Mada

                                Instagram @bakmigmania

Awalnya Bakmi Gadjah Mada hanyalah warung bakmi dengan 5 meja di pinggir jalan daerah Jakarta Pusat. Hebatnya, perkembangan restoran yang lebih dikenal dengan nama Bakmi GM ini berawal dari mulut ke mulut pada saat itu. Hingga pada tahun 1959 restoran ini membuat suatu perseroan bernama PT Griya Miesejati untuk mengatur dan menaungi manajerial bisnis mie legendaris yang kini sudah mempunyai 50 cabang itu.

2. Ayam Goreng Nyonya Suharti

Home

Ini adalah restoran dalam negeri yang spesialis berjualan ayam goreng kampung. Restoran ini sudah mulai berdiri sejak tahun 1962 di Yogyakarta dimana saat itu masih dalam bentuk usaha kecil-kecilan. Nyonya Suharti membuat ayam goreng ini dengan bumbu rempah khas indonesia dengan dipadu dengan metode cara menggoreng ayam secara khusus beserta sambalnya yang sangat mendukung lezatnya ayam.

3. Cafe Batavia

jakartahariini.com

Ini merupakan suatu Cafe bangunan lama jaman penjajahan belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1850. Awal mulanya tempat ini dipergunakan sebagai kantor administratif pada masa penjajahan belanda. Hingga kemudian cafe ini direnovasi bertahap hingga 45 tahun pada tahun 1993.

Keunikan tempat ini terdapat pada desain interior yang mengambil tema masa lalu dengan terpajangnya figura-figura disana. Cafe Batavia ini menawarkan berbagai menu menarik dan lezat untuk setiap pengunjung yang datang. Makanan yang disajikan di sini juga sangat beragam, jadi kamu tidak akan kebingungan memilih menu.

4. Restoran Oasis Cikini

                          Source : kuliner.panduanwisata.id

Restoran yang berlokasi di kawasan Raden Saleh Jakarta Pusat ini merupakan restoran yang sudah berdiri sejak thaun 1928 milik miliuner Belanda yang memiliki perkebunan teh, karet dan kina.

Bicara tentang ini kamu tidak boleh melewatkan hidangan khas restoran ini bernama rijstaffel. Jadi rijstaffel adalah cara penyajian makanan ala eropa yang berurutan dengan pilihan hidangan dari berbagai daerah di Nusantara. Penyajian ini diawali dengan makanan pembuka, makanan utama dan diakhiri dengan penutup.

5. Es Krim Ragusa Italia

theatmojo.com

Nahhh dari list referensi  yang sudah kami berikan ini apakah kamu sudah mendatangi salah satunya ?

Yang pasti, tempat restoran ini adalah tempat legendaris, mengingat restoran-restoran di atas masih sangat ramai dikunjungi hingga sekarang. (Sbg/Ary)

Comments