Reaksi Tubuh
(Foto: besthealthmag.ca)

Sabigaju.com – Walau secara fisik tubuh kita tidak melakukan apapun alias diam ketika kita sedang tidur. Namun, ada berbagai reaksi tubuh sebagai imbas kerja dari berbagai organ.

Ini menunjukan sebenarnya  saat kita tidur  sebagian organ tubuh melakukan banyak hal bisa bikin kamu garuk-garuk kepala keheranan.

Dan berikut lima reaksi tubuh yang terjadi pada saat kita tidur.

Mengigau

Salah satu reaksi tubuh yang mungkin terjadi pada tubuhmu saat tidur adalah berbicara sendiri ketika tidur alias mengigau

Lantas mengapa sih kita sampai bisa mengigau? Jadi ketika kita sedang bermimpi, sesungguhnya terdapat salah satu bagian dari otak kita yang tugasnya meneruskan dan mengkoversikan mimpi yang kita dengar dan lihat menjadi kata-kata yang terucap dari mulut.

Walau sekilas bagi beberapa kebiasan ini dikhawatirkan akan berbahaya, namun hingga detik ini, dokter dan ahli kesehatan lainnya, belum menemukan kasus serius atau membahayakan dari kebiasaan mengigau ini.

BACA JUGA: Kebiasaan Kurang Tidur Bisa Membunuh Karirmu 

Hypnic Jerk

Pernahkah kamu bermimpi dimana kamu jatuh dari gedung atau bukit yang membuat kamu bangun terjatuh di lantai? Nah fenomena ini disebut sebagai Hypnic Jerk.

Fenomena ini terjadi ketika kita mengalami kejang otot yang sangat hebat yang terjadi diantara transisi tidur dan menjelang bangun. Lalu apakah hal ini normal? Tenang. Normal kok.

Menurut para ahli, hal ini terjadi ketika kita masih merasa super stres atau merasa masih ada kerjaan yang belum terselesaikan namun, kedua mata tidak bisa diajak kompromi.

Nah, kalau kamu tidak ingin mengalami hal  ini, pastikan sebelum atau ketika sudah tertidur di atas tempat tidur, seluruh badan dan pikiran sudah benar-benar “bersih” dan tenang dari berbagai hal berat / stres apapun.

BACA JUGA: Apa Bisa Sukses Kalau Bangun Tidur Siang Hari?

Otot Menjadi Lumpuh Total

Reaksi tubuh lain yang bisa kamu alami saat tidur adalah  aktivitas otot menjadi berhenti total juga atau “lumpuh”.

Hal ini dikarenakan ketika sedang tidur, secara perlahan namun pasti, otak dan otot-otot tubuh menjadi super relaks yang alhasil, membuat keduanya “hilang kesadaran”.

Namun jangan khawatir guys. Hal ini memang biasa banget. Terbukti 4 dari 10 orang di dunia ini, kerpa mengalami sensasi yang disebut juga dengan Sleep Paralysis ini.

Konsolidasi Otak

Reaksi tubuh ini maksudnya, ketika sedang tidur terlepas fisik menjadi tidak aktif sama sekali, namun tidaklah demikian dengan otak kita.

Walau sedang terlelap, justru otak kita akan terus aktif. Tapi, tidak seperti ketika kita dalam keadaan bangun, laju gelombang otak untuk terus mengaktifkan otaknya tidaklah sekencang seperti ketika dalam kondisi bangun.

BACA JUGA: Kelima Hal ini Jadi Manfaat saat Kamu Tidur Tanpa Busana 

Segar dan Sehat

Banyak yang mengatakan atau seringkali  ada reaksi tubuh kita rasakan bahwa ketika tidur tubuh kita merasa jauh lebih sehat dan segar.

Hal ini dikarenakan ketika tidur, denyut jantung kita berkurang hingga 30 persen per menitnya sehingga, membuat tubuh jauh menjadi lebih relaks.

Dan saat tubuh sudah terasa benar-benar relaks, dengan sendirinya, seluruh sel dan jaringan di tubuh akan menyembuhkan dirinya sendiri dari berbagai penyakit dan pegal-pegal yang sebelumnya dirasakan.

Tapi,  ingat! Untuk bisa mendapatkan ini semua, kita haruslah tidur selama 8-9 jam atau minimal, 6 jam per harinya yah gaes (Sbg/Mrv)

Comments