Profesi yang Banyak Dibutuhkan di Indonesia

Sabigaju.com – Beberapa pekerja di usia early twenty, masih banyak yang belum menentukan akan dibawa kemana fokus skill dan profesinya. Kali ini Sabigaju akan mengulas tentang lima profesi yang banyak dibutuhkan di Indonesia saat ini.

Dengan mengetahui kebutuhan pekerja di Indonesia, Anda bisa mulai memikirkan, apakah Anda akan bertahan di bidang yang Anda geluti saat ini, atau mencoba mengasah kemampuan di lima bidang yang sedang banyak dicari ini. Yuk, simak ulasannya!

Lima Profesi yang Banyak Dibutuhkan di Indonesia

1. Translator

Berdasarkan data yang dilansir oleh Forbes, kebutuhan translator saat ini meningkat menjadi 42%. Hal ini dikarenakan globalisasi yang sudah merambah ke berbagai bidang, tidak hanya untuk bisnis. Kebutuhan translator saat ini sudah meliputi bidang kesehatan, pendidikan, bahkan hubungan antar negara.

Jika tertarik dengan profesi ini, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih bahasa yang akan Anda kuasai. Cari bahasa yang paling banyak digunakan dalam hubungan Internasional, dan jadilah ahlinya. Di masa depan, kemampuan ini akan sangat membantu Anda.

2. Public Relation

Saat ini semakin banyak brand yang sadar tentang pentingnya image di hadapan masyarakat. Semakin ke sini, persaingan bisnis semakin aktif dan kreatif, tidak hanya tentang inovasi dan kualitas produk, namun juga membangun kepercayaan masyarakat akan produk yang ditawarkan. Dibutuhkan ahli dalam membangun brand image yang baik dan dekat dengan masyarakat.

Anda yang senang memikirkan strategi dan cara berkomunikasi, bisa mempertimbangkan untuk mengasah kemampuan di bidang ini. Di masa mendatang, profesi ini akan semakin dibutuhkan, terkait dengan semakin sengitnya pertarungan brand image di dunia bisnis.

3. Website dan SEO Expert

Saat ini, sudah mulai banyak bisnis yang melirik website sebagai kanal promosi bagi produk mereka. Website brand biasanya berisi berbagai macam informasi tentang produk, hingga promo yang ditawarkan. Agar website ini mudah untuk diakses, dibutuhkan orang-orang yang paham betul tentang pembuatan website yang user friendly dengan desain yang menarik.

Selain itu, agar tujuan pembuatan website ini tercapai, dibutuhkan pula ahli di bidang Search Engine Optimization (SEO) agar pengguna internet bisa mengetahui keberadaan website sebuah brand, bahkan hingga tertarik untuk mengunjunginya.

4. Penitipan Anak

Di jaman ini, sudah mulai banyak rumah tangga yang tidak lagi menganut sistem single engine, yaitu hanya sang ayah yang bekerja, sedangkan ibu mengurus anak di rumah. Kebutuhan yang meningkat dan kesadaran wanita akan aktualisasi diri, membuat semakin banyak ibu yang bekerja di luar rumah.

Ketika kedua orang tua bekerja, dan sang anak masih harus di bawah pengawasan, maka penitipan anak sering menjadi pilihan. Saat ini orang tua semakin jeli dalam memilih tempat penitipan anak, baik dari fasilitas hingga kualitas pendampingnya. Jadi bagi Anda yang suka anak-anak, bisa mulai mempelajari tentang sistem pengajaran anak usia dini, dan bergabung dengan salah satu tempat penitipan anak yang berkualitas bagus.

5. Digital Strategist

Pola pemasaran dalam bidang bisnis apapun, saat ini sudah bergeser ke digital. Ketika Anda menonton Y0utube, Anda melihat iklan sebelum video diputar. Ketika Anda membuka sebuah website atau media sosial, kembali melihat iklan.

Terkadang ada video seri yang dibuat oleh brand, ada juga kuis di media sosial atau website dengan hadiah kecil-kecilan hingga spektakuler dengan syarat-syarat tertentu, hingga semakin banyaknya brand yang memaksimalkan berbagai aset digital mereka untuk mendekati target marketnya. Ini semua berasal dari pemikiran digital strategist yang tidak dalam bentuk sekedar ide, namun juga berdasarkan data yang dihimpun dan dianalisa, sehingga menjadi sebuah alur strategi yang menarik.

Nah, Sobat Sabi, di antara lima profesi di atas, adakah yang sedang kamu pertimbangkan untuk dipelajari lebih dalam, hingga kamu bisa menjadi ahlinya nanti? (Sbg/Ldr)

Comments