Perhatian netizen
Ada beberapa peristiwa yang menjadi perhatian netizen sepanjang pekan pertama di Bulan Februari 2019

Sabigaju.com – Sejumlah peristiwa yang terjadi dalam pekan pertama di Bulan Februari 2019 menjadi fokus perhatian netizen di dunia maya mulai dari Di tahannya musikus Ahmad Dhani hingga Twitt War yang melibatkan Addie MS dengan seorang netizen di dunia maya.

Selain itu peristiwa lain yang menjadi perhatian netizen juga tertuju proses rencana pengesahan RUU musik serta diperiksanya Artis Riri Febrianti yang terseret kasus dugaan prostitusi online yang menimpa mucikari ES dan TN.

So! langsug cek yuk lima peristiwa yang jadi perhatian netizen pekan ini.

BACA JUGA:

 

1. Ahmad Dhani di Bui

Musisi sekaligus politikus Partai Gerindra resmi ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur sejak Senin (28/1) Ahmad Dhani telah resmi ditahan di LP Cipinang, Jakarta Timur pada Senin (28/1)JPU menuntut dihukum dua tahun penjara, sementara hakim menjatuhi vonis satu tahun enam bulan penjara.

Ahmad Dhani dinyatakan terbukti melakukan penyebaran informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian tau permusuhan antar individu atas masyarakat tertentu berdasarkan unsur agama, ras, dan antar golongan atau SARA.

Perhatian netizen
(Foto Twitter @Dahnilanzar)

Ahmad Dhani diletakkan dalam satu sel bersama ratusan napi LP Cipinang. Yup, Ahmad Dhani sedikitpun tidak mendapat perlakuan istimewa.

Dhani tinggal di sebuah sel berukuran 10×20 meter yang dihuni sekitar 300-an narapidana.Meski demikian, Ahmad Dhani juga merasa nyaman meski sel seluas 10×20 meter terlihat sempit karena dihuni sekitar 300 orang.

2. Pesinetron Riri Febrianty Diperiksa Terkait Kasus Pelacuran

Artis Riri Febrianti terseret kasus dugaan prostitusi online yang menimpa muncikari ES dan TN. Sejak dikaitkan masalah itu, bintang sinetron ‘Anak Jalanan’ tersebut mulai menutup kolom komentar Instagram.

Perhatian netizen
(Foto: Instagram ririfbrn)

 

Belum lama ini, Riri juga sudah memenuhi panggilan Polda Jawa Timur sebagai saksi kasus prostitusi online. Dan sampai saat ini, cewek seksi itu masih konsisten menutup kolom komentar media sosialnya.

Riri Febrianti cukup populer di Instagram dengan jumlah followers lebih dari 70 ribu

3. RUU permusikan bikin Heboh

Hal lain yang juga menjadi bahan perbincangan netizen pada minggu pertama Februari 2019 adalah soal RUU permusikan. Protes terhadap draf RUU Permusikan mencuat setelah sejumlah musisi bertandang ke gedung DPR bebrapa aktu lalu.

Mereka di antaranya Glenn Fredly, Tompi, Cholil Mahmud, Andien, Grace Simon, Rian D’Masiv, Vira Talisa, Yuni Shara, dan lainnya.

Perhatian netizen
(Foto Instagram yunishara36)

 

Banyak musisi yang menganggap kalau RUU Permusikan berpotensi digunakan untuk membungkam suara perlawanan para musisi. Selain itu, para musisi menunjuk Pasal 5 adalah salah satu yang bermasalah. Pasal ini mengatur ihwal larangan bagi para musisi, di antaranya larangan membawa pengaruh budaya barat yang negatif, merendahkan harkat dan martabat, menistakan agama, membuat konten pornografi hingga provokatif.

4.  Menteri Rudi Bikun Heboh

Dialog Menkominfo Rudiantara atau yang akrab di sapa Menteri Rudi dengan salah satu pegawainya menjadi viral karena dikaitkan dengan Pilpres 2019.

Dalam video pendek yang beredar di Twitter, saat itu Menteri Rudi sedang bersama ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Perhatian netizen
(Capture from Video Twitter)

Kemudian Menteri Rudi, menyindir seorang pegawai yang mengaitkan dua pilihan desain stiker sosialisasi Pemilu dengan nomor urut pilihan saat Pilpres. Kebetulan, ASN itu menjawab memilih nomor dua dengan alasan politis.

Lalu, muncul pertanyaan Menteri Rudi kepada ASN tersebut yang menjadi penyebab hashtag #YangGajiKamuSiapa menjadi trending topic di jagat Twitter Indonesia.

“Bu, Bu yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa?” kata Rudiantara.

Warganet pun memviralkan hashtag #YangBayarGajiKamuSiapa tersebut. Beberapa komentar pedas terlontar dari cuitan warganet. Mereka membalikkan pertanyaan sang menteri melalui dinding Twitter.

5.’Perang’ Twitter dengan Addie MS

Beberapa jam lalu terjadi Twit War antara Faldo Maldini dengan musisi Addie MS di Twitter. Hal ini berawal dari cuitan Addie MS yang menyinggung soal ‘editan poster mobil’.

Perhatian netizen
(Foto: Twitter)

Tweet itu dicuitkan Addie MS pada Jumat (1/2). “Lagi rame hoax editan poster mobil yang nutupin wiper mobil ya? Itu maksudnya gimana sih? *kepo*,” tulis Addie MS tanpa menyebut siapa yang dia singgung.

Netizen kemudian ada yang membalas cuitan Addie MS itu sambil me-mention Faldo. “Bang @FaldoMaldini diomongin sama musisi beken Addie MS nih. Jawab doong,” tulis netizen tersebut.

Faldo lalu membalasnya dengan retweet. Dia mengaku tidak kenal Addie MS.

“Siapa Bapak @addiems? Lagu beliau yang mana? Orang kampung saya hapalnya lagunya Bang Haji Rhoma Irama. Mohon pencerahan,” jawabnya.

Cuitan Faldo ini langsung ramai dibalas lagi oleh netizen. Hingga akhirnya, Addie MS sendiri yang menjawabnya dengan santai.

“Saya? Saya bukan siapa2, nak. Hanya pengamen biasa. Sukses selalu ya, nak,” cuit Addie MS.

Faldo lalu kembali membalas cuitan Addie MS. “Semangat terus, Bapak, menghibur masyarakat Indonesia. Kalau ngamen di Kab. Bogor, kabari ya, InsyaAllah saya samperin. 😉” katanya.

Comments