Fokus Perhatian Netizen
Ada Sejumlah peristiwa dan hal menarik yang menjadi fokus perhatian netizen di Minggu keempat bulan Mei 2019. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Apa saja hal dan peristiwa yang menjadi fokus perhatian netizen di sepanjang minggu keempat Bulan Mei 2019 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Polisi Bekuk Penyebar Hoaks Anggota Brimob dari China

Fokus perhatian netizen pada minggu keempat Bulan Mei 2019 tertuju pada peristiwa diringkusnya seorang pria bernisial SDA oleh pihak kepolisian dan menetapkannya sebagai tersangka atas tindak kejahatan penyebar berita bohong perihal adanya personel Brimob dari China saat mengamankan demonstrasi protes terhadap hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019.

BACA JUGA: Fitur Medsos Dibatasi Guna Tangkal Ujaran Kebencian dan Hoax 

Menurut keterangan polisi, SDA diringkus pada Kamis (23/5) pukul 16.30 WIB di daerah Bekasi, Jawa Barat. pelaku menyebarkan hoaks tersebut ke 3-4 grup di aplikasi pesan instan WhatsApp.

SDA kini terancam hukuman maksimal enam tahun penjara beserta sejumlah denda yang diatur dalam UU.

Netizen Keluhkan Pembatasan Media Sosial

Fokus perhatian netizen juga tertuju pada keputusan Pemerintah melakukan pembatasan media sosial Facebook dan Instagram serta aplikasi pesan WhatsApp paska kericuhan yang terjadi di Jakarta pada 21 dan 22 mei lalu.

Keputusan itu berdampak dimana, aplikasi-aplikasi tersebut tak bisa dipakai secara normal untuk membagikan gambar ataupun video. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran video maupun konten hoaks serta ajakan bersifat provokatif lebih luas lagi.

BACA JUGA: Pembatasan Sosmed Momentum Tepat Buat Detoks Digital

Namun, setelah tiga hari pasca pembatasan akses ke media sosial, belum ada tanda-tanda pemerintah bakal mencabutnya meski penyebaran kabar bohong hingga hasutan di media sosial bisa dicegah

Kini, sebagian pengguna media sosial untuk kegiatan-kegiatan positif, ikut terdampak. Komunikasi dan hak masyarakat untuk memperoleh informasi masih terhambat lantaran pembatasan tersebut masih berlangsung.

Arifin Ilham meninggal Dunia

Peristiwa lain yang menjadi fokus perhatian netizen dan masyarakat tertuju pada ribuan pelayat dari berbagai kalangan menghantarkan jenazah Ustad Arifin Ilham Ke tempat peristirahatan terakhirnya di Ponpes Az-Zikra Gunung Sindur, Bogor pada Kamis (23/5) lam WIB.

BACA JUGA: Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Ustad Arifin Ilham

Ustad Arifin Ilham meniggal dunia di sebuah Rumah sakit di Penang, Malaysia pada Rabu (22/5/) malam WIB dalam usia 49 tahun, setelah selama beberapa bulan terakhir berjibaku dengan kanker kelenjar getah bening dan kanker nasofaring.

Jakarta Ricuh

Fokus perhatian netizen di Minggu keempat Bulan Mei 2019 terpusat pada peristiwa kericuhan yang terjadi di sejumlah wilayah kota Jakarta pada tanggal 21 an 22 Mei 2019.

Suasana Kota Jakarta sempat mencekam selama dua hari. lantaran terjadi kerusuhan antara sejumlah massa dengan aparat kepolisian di sejumlah titik. Kejadian itu menimbulkan kerugian material dan jiwa.

BACA JUGA: Jaga Kedamaian, Ricuh di Jakarta Jangan Terulang

Sebanyak 257 orang yang merupakan pelaku kerusuhan termasuk provokator dan pelaku perusakan dari tiga lokasi kerusuhan yang terjadi di Jakarta, berhasil diamankan oleh pihak kepolisian dan ditetapkan sebagai tersangka.

John Wick Pecahkan Rekor

Fokus perhatian netizen juga tertuju pada sebuah film bergenre action yang paling ditunggu pada 2019, John Wick: Chapter 3 – Parabellum. Film tersebut langsung menggebrak pasar box office dunia.

Pada akhir pekan lalu (17-19 Mei) lalu, film yang menampilkan lakon utama Keanu Reeves ini langsung menggusur Avengers: Endgame dari posisi puncak.

BACA JUGA: Hore! John Wick Bakal Jadi Serial Televisi 

Parabellum meraih $92 juta karena ketambahan $35 juta dari pasar internasional. Dengan begitu, film yang dibesut sutradara Chad Stahelski ini mengungguli dua film terdahulu pada periode sama; masing-masing $14,4 juta dan $30,4 juta –di luar faktor inflasi.

Parabellum pun menjadi film pertama dengan kategori rating R yang mampu menduduki posisi teratas box office pada pekan perdana. Pemasukannya dari 66 pasar internasional juga menjadi rekor franchise. (Sbg/Rig)

Comments