Retro Klasik
Ternyata tidak semua jenis mobil listrik memiliki tampilan futuristik sebab ada beberapa produsen mobil yang menambahkan tampilan retro klasik terhadap mobil listrik buatan mereka. (Foto: Honda)

Sabigaju.com – Walaupun wujud mobil listrik umumnya futuristik, ada sejumlah mobil Listrik yang justru memiliki tampilan retro klasik.

Selain memberi penyegaran desain, konsep ini juga menyasar kaum fanatik mobil retro klasik. Hasilnya, sama sekali tidak buruk. Desain retro klasik ternyata bisa dipadu padankan dengan konsep mobil masa depan. Jadinya malah semakin menarik.

Nah kali ini sabigaju mau kasih beberapa tampilan retro klasik yang dikembangkan menjadi mobil listrik.

BACA JUGA:

1.  R67

Retro Klasik
Aviar R67 (Foto: electrek.co)

Salah satu yang mencoba inovasi mobil retro klasik menjadi mobil  listrik adalah startup bernama Aviar Motors asal Rusia yang mengembangkan Ford fastback 1967 Mustang generasi pertama menjadi mobil listrik.

Tampilan desainnya tidak berubah, hanya saja ada beberapa elemen modern yang disematkan. Antara lain lampu depan dan belakang yang menggunakan LED, pegangan pintu retractable dan roda alloy berukuran 20 inci.

Aviar R67 didukung oleh dua motor listrik yang menghasilkan torsi sebesar 966 Nm dan puncak tenaga 840 HP. Mereka mengklaim, mobil retro listrik buatannya mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,2 detik, dan kecepatan maksimal berada di angka 250 km/jam.

Jarak tempuhnya pun cukup spektakuler, karena dapat mencapai 507 km dengan baterai 100 kWh. Aviar menyebut bahwa R67 termasuk salah satu mobil listrik paling tangguh di dunia.

2. Honda Urban EV

Produsen mobil asal jepang Honda juga merilis mobil retro klasik menjadi mobil listrik dengan nama Honda Urban EV.

Mobil ini dibangun di atas platform khusus electric vehicle, sehingga memiliki lebih banyak keleluasaan untuk tata letak komponen seperti mesin, baterai dibandingkan internal-combustion engines.

Retro Klasik
(Foto: Honda)

Adapan energi yang tersimpan di dalam baterai Honda Urban EV dapat digunakan juga sebagai sumber listrik untuk peralatan rumah tangga.

Secara desain sendiri, penampilan Urban EV terbilang out of the box, dengan nuansa retro yang dikemas dalam balutan modernitas.

Cukup menarik perhatian. Mobil listrik Honda ini menyimpan teknologi artificial intelligence (AI) berupa Honda Automated Network Assistant, memungkinkannya dapat berkomunikasi dengan si pengendara, seperti mengenali tingkat stres dari ekspresi wajah dan suara, mempelajari gaya hidup dan preferensi, serta menawarkan pilihan di situasi tertentu kepada pengemudi.

3. Tampilan Retro Klasik ala Kalashnikov CV-1

Perusahaan senjata AK 47 asal Rusia, Kalashnikov, secara mengejutkan memperkenalkan mobil retro klasik untuk menjadi mobil listrik lewat  prototipe bernama CV-1

Mobil listrik tersebut terlihat begitu antik dengan balutan warna biru telur asin. Perusahaan mengatakan mobil ini terinspirasi hatchback Soviet 1970-an.

Retro Klasik
(Foto Carscoops)

CV-1 menampilkan sejumlah sistem kompleks dengan teknologi yang akan berdiri sejajar mobil listrik global seperti Tesla. Artinya, meski berwajah retro, teknologinya tetap mengedepankan teknologi modern tak kalah dengan kualitas mobil yang diproduksi Elon Musk.

Perusahaan mengklaim, CV-1 memiliki kecepatan lebih tinggi dari kendaraan listrik yang saat ini diproduksi oleh perusahaan lain. Mobil tersebut mampu menempuh perjalanan 350 km sekali pengisian.

4. Peugeot e-Legend

Jikalau dilihat – lihat, Peugeot e-Legend ini memiliki bentuk yang mirip dengan salah satu coupe legendaris dari Peugeot, yaitu mobil retro klasik Peugeot 504 Coupe yang hadir sekitar 5 dekade silam.

Sosok Peugeot e-Legend sendiri adalah sebuah coupe listrik dengan dua pintu.

Retro Klasik
(Foto: Peugeot)

Peugeot e-Legend adalah sebuah mobil listrik. Dan seperti layaknya mobil listrik, coupe milik Peugeot ini mengandalkan motor listrik, tak hanya satu tapi dua. Tenaga maksimal gabungan kedua motor listrik ini mencapai 456 hp dengan torsi ajib 800 Nm.

Alhasil, akselerasi 0 hingga 100 km/jam hanya ditempuh dalam 4 detik saja, malah kurang dan untuk kecepatan maksimal ada di angka 220 km/jam. Lalu, bagaimana daya tahan baterainya? Berhubung Peugeot e-Legend adalah mobil listrik. Jadi, baterai dari Peugeot e-Legend berkapasitas 100kWh dengan cakupan jarak tempuh mencapai 600 km dengan metode pengetesan WLTP yang ketat

5. MINI Electric Concept

Produsen MINI dipastikan akan menghadirkan mobil retro klasik dengan penggerak murni listrik yang dirancang untuk digunakan di daerah perkotaan.

Retro Klasik
(Foto: MINI)

MINI Electric Concept ini hadir dengan tampilan hatchback, berkelir abu-abu, dan strip kuning yang ngejreng. Bagian depan ada lampu LED DRL. Bagian depan dilengkapi grill modern yang juga mendapat strip kuning.

MINI Electric Concept dilengkapi dengan velg 19 inci yang aerodinamis. Bagian belakang lampu kombinasi membentuk bendera Union Jack yang sudah dilengkapi LED. Bumper juga dibuat modern dan tentunya tanpa pipa knalpot.

Comments