Kecanduan Media Sosial
ada banyak kegiatan simpel yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami kecanduan media sosial. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Walaupun memiliki banyak manfaat dalam kehidupan modern saat ini media sosial juga telah  menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti kecanduan media sosial bagi penggunanya.

Lihat saja saat ini, dimana begitu banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menatap layar gadget. Karena kemudahan dan kecanggihan smartphone yang bisa dibawa kemana-mana, tentu hal ini bisa memancing kamu agar terus-menerus menggunakan media sosial.

Parahnya nih, jika kamu tidak mewaspadai hal ini, tentu akan berdampak buruk bagi diri kamu dengan orang sekitar.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kali ini Sabigaju mau kasih beberapa tips agar kamu tidak mengalami kecanduan media sosial yang dihimpun dari berbagai sumber. Berikut ulasannya.

BACA JUGA:

1. Bertemu dan Bicara dengan Teman juga Keluarga

Ketika kamu berlama-lama dengan media sosial, tentu akan membuat waktu yang kamu habiskan bersama teman-teman juga keluarga akan menjadi sedikit.

Dan hal ini bisa saja mengurangi kepekaan terhadap orang-orang sekitar karena kamu telah dikuasai oleh dunia maya di smartphone.

Untuk itu, cobalah untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama sahabat dan keluarga ketimbang dengan berjam jam di media sosial.

2. Lihat Sepintas Saja

Saat kamu sedang membaca atau mendapatkan beberapa informasi, pilihlah informasi yang dibutuhkan dan dianggap penting.

Ingatlah, untuk tidak menghabiskan waktu hanya untuk membaca review atau hal-hal lain yang kurang penting.

Cobalah untuk membatasi diri untuk melihat dan membaca berbagai laman di media sosial hanya 15 menit saja. Hindari menghabiskan waktu berjam jam agar tidak kecanduan media sosial.

3. Alihkan Fokus ke yang Lebih Penting

Semakin banyak waktu yang dihabiskan di dunia maya tentu akan membuat kamu membutuhkan waktu lebih banyak untuk melakukan hal yang lain.

Otak manusia sendiri sebenarnya membutuhkan waktu 64 detik untuk kembali ke tingkat konsentrasi di mana kamu sudah berada sebelumnya, dan jika dikumpulkan tentu membuat banyak waktu terbuang begitu saja.

Maka dari itu, cobalah untuk mulai fokus pada satu hal yang lebih penting. Sehingga bisa lebih mudah mengontrol kembali kehidupan menjadi lebih baik dan produktif.

4. Carilah Hobi BaruAgar Tidak Kecanduan Media Sosial

Banyak jenis kegiatan yang bisa kamu jadikan sebagai hobi bahkan ada juga yang bisa mendatangkan uang kamu yang cukup besar.

Dengan melakukan hobi baru yang kamu minati untuk mengisi waktu luang. Otomatis kamu bakal tidak kecanduan media sosial.

Gali potensi diri untuk mempelajari hal-hal baru atau bisa juga mencoba melakukan sesuatu yang selama ini ingin dilakukan tapi tak pernah punya waktu lebih untuk merealisasikannya.

Pastinya memiliki dan melakukan kegiatan hobi itu lebih menyenangkan ketimbang bermain smartphone hanya untuk eksis bermedia sosial

5. Gunakan dengan Bijak

Salah satu langkah simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan media sosial adalah dengan mengurangi aktivitas di media sosial.

Hal itu bukanlah sesuatu hal yang buruk.  Apalagi jika kamu menggunakannya dengan bijak. maka kamu bakal merasa rasa nyaman.

Selain itu tidak semua jenis media sosial harus kamu miliki. Cukup aktif yang sering kamu gunakan saja. (Sbg/Rig)

Comments