Kota Jakarta
banyak musisi ataupun band yang menorehkan karya terbaiknya tentang ibu kota tercinta Republik Indonesia ini.(Foto: Instagram maskunr)

Sabigaju.com – Kota Jakarta yang kini berusia 492 tahun, selalu menyita perhatian. Termasuk perhatian para musisi yang menorehkan karya terbaiknya tentang ibu kota tercinta Republik Indonesia ini.

Ada  band atau musisi yang mengibaratkan Kota Jakarta sebagai sosok anak nakal yang tak pernah mau dengar nasihat dan menciptakan banyak ruang yang penuh kekeliruan. Ada yang menulis,  Jakarta adalah  cinta pertama dan sejati.

Namun, lagu hanya sebatas tembang, sebab segala tetek-bengek kebijakan kota adalah tanggung jawab orang nomor satu di Jakarta.

Berikut Beberapa musisi yang menuliskan kondisi  Kota Jakarta dalam sebuah alunan lagu. Ada yang kritis, ada juga yang muji. Yuk Kita Dengerin

BACA JUGA: Dialog Dini Hari dan Kumandang Tanggung Jawab Kepada Lingkungan

Iwan Fals – Berkacalah Jakarta

Lirik lagu ini terdapat dalam lagu Iwan Fals yang berjudul Berkacalah Jakarta dalam album Sugali yang rilis pada tahun 1984.

Bait demi bait lagu Berkacalah Jakarta karya Iwan Fals pada 28 tahun silam mengingatkan warga betapa cepatnya pembangunan di Kota Jakarta.

Padahal, ketika itu lalu-lintas Jakarta jauh lebih lengang, tak seruwet seperti sekarang yang bisa bikin orang jadi gila.

BACA JUGA: Sensasi Irama Relaksasi yang Menggemaskan Ala Fourtwnty

Dirty Edge – Ibukota Kami Punya

Pentolan Indonesian hardcore asal Ibu Kota ini menuliskan lagu Ibu Kota Kami Punya dalam album mereka bertajuk Reuniting The Families yang dirilis beberapa waktu lalu.

Lewat lagu itu Dirty Edge menggemakan betapa Jakarta adalah kawasan yang yang meski kita jaga sekuat tenaga menjaga kota dari kesewenangan orang-orang yang tak punya hati nurani.

Ditengah begitu banyak orang yang mengeluhkan polusi di kota jakarta atau sampah yang banyak terlihat di beberapa area Jakarta,

Mereka dengan lantang meneriakan kata se-kotor udaranya  dan tercemar sungainya Ibu Kota Kami Punya.

BACA JUGA: Alunan Meneduhkan Hingga Balada Perlawanan ala Sisir Tanah 

Sheila on 7 – Tunggulah Aku di Jakartamu

Lagu ini ada di kantong album Kisah Klasik untuk Masa Depan. yang sangat sukses di pasaran pada tahun 2002 lampau.

Nah, lagu Tunggu Aku Di Jakarta sepertinya bisa menjadi lagu tema bagi para pendatang di Jakarta dan pemimpi di luar Jakarta.

Lagu ini bisa dibilang mengisahkan hubungan LDR seorang yang kekasih yang terpisah antara Jakarta dan Yogyakarta.

Seperti yang Duta lantunkan, “Tunggulah aku di Jakartamu, tempat labuhan semua mimpiku.”

BACA JUGA: Senandung Senda Gurau Para Bidadari Daramuda Project 

Banda Neira – Senja di Jakarta

Kepadatan serta macetnya jalanan jadi fokus dari lagu Banda Neira lewat lagu “Senja di Jakarta”, duo Ananda Badudu dan Rara Sekar berusaha ngegambarin kondisi jalanan Jakarta di sore hari.

Itu bisa jelas sekali terlihat dari penggalan liriknya yang berbunyi, ”kanan kiri, ramai jalanan, arungi lautan kendaraan, oh, maafkan Jakarta.”

BACA JUGA: Simak Deretan Tembang Terbaik WSATCC Versi Sabigaju

White Shoes & The Couples Company – Pelan Tapi Pasti

Band bernuansa jadul ini ngegambarin jalanan  di kota Jakarta lewat lagu yang berjudul, “Pelan Tapi Pasti”.

Eggak cuma soal kemacetan doang yang dibahas, White Shoes & The Couples Company, soalnya lagu ini juga nyeritain berbagai tempat keren di Kota Jakarta, mulai dari Monas, Bundaran HI, hingga Ragusa.

Beneran keren dan kamu mesti beli punya album para musisi di atas yah. (Sbg/Rig)

Comments