kuliner khas malaysia
Nasi Lemak (Sumber: Pinterest)

Sabigaju.com – Berkunjung ke Malaysia tentu saja kurang lengkap tanpa wisata kuliner. Setidaknya ada lima kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Malaysia.

Lima Kuliner Khas Malaysia yang Wajib Dicoba

1. Nasi Lemak Nats

Belum ke Malaysia kalau belum mencicipi nasi lemak khasnya. Nasi lemak mudah ditemukan di wilayah Kuala Lumpur. Salah satu nasi lemak yang terkenal adalah Nasi Lemak Nats yang dijual dengan konsep food truck dan bisa ditemui di Stadion Bukit Jalil atau Komplek Bangi. Nasi Lemak Nats sedikit berbeda dari restoran atau kedai yang menjajakan makanan serupa. Perbedaannya ada pada pilihan lauk nasi lemak yang jauh lebih banyak.

Anda pun bisa memilih menu selain nasi lemak ayam goreng karena Nasi Lemak Nats menyediakan nasi lemak telur mata, nasi lemak paru, nasi lemak sambal sotong, dan banyak lainnya. Untuk kisaran harganya pun cukup terjangkau hanya berkisar di 4 hingga 7,5 RM saja. Agar santapan nasi lemak yang Anda pesan semakin sempurna, jangan lupa untuk memesan teh tarik yang dijual dengan harga sekitar 2 RM.

2. Nasi Kandar Arraaziq

Primadona kuliner khas Malaysia selain nasi lemak adalah nasi kandar. Salah satu restoran yang menyediakan nasi kandar adalah Nasi Kandar Arraaziq yang terletak di Bukit Bintang Street, depan Plaza Low Yat. Lokasinya cukup mudah ditemukan dan yang terpenting, restoran asal India ini menyediakan menu lezat yang lengkap dengan pelayanan cepat. Untuk kisaran harga setiap menunya sekitar 5 hingga 12 RM saja. Menu andalan mereka adalah roti canai kuah kari, nasi kandar kambing, nasi kandar, dan pastinya teh tarik. Tertarik mencobanya?

3. Wisata Kuliner Malam di Jalan Alor

Katanya, belum benar-benar ke luar negeri kalau belum mencicipi street food-nya. Tak perlu khawatir karena Malaysia juga punya street food yang lengkap dan wajib Anda coba. Salah satunya street food yang buka pada malam hari di Jalan Alor. Bila Anda berkunjung ke Malaysia, mencoba kuliner di Jalan Alor harus masuk dalam itenerary.

Beragam jenis kuliner terhampar di Jalan Alor pada malam hari. Mulai dari masakan khas Malaysia, makanan lokal, masakan China, hingga Thailand juga ada. Meja dan bangku berjejer siap untuk dijadikan tempat menyantap menu yang dipesan. Setelah seharian lelah mengeksplor berbagai tempat di Malaysia, menghabiskan malam menyantap menu makanan di jalanan ini tentu jadi pilihan menarik. Soal harga Anda tak perlu khawatir karena dijual dengan harga yang cukup murah.

4. Restoran Chee Meng

Di daerah Bukit Bintang memang ada banyak tempat makan yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Misalnya, Restoran Chee Meng yang terkenal dengan menu nasi ayamnya. Menu-menu yang ditawarkan oleh restoran ini memang didominasi dengan menu ayam. Apalagi restoran ini juga sudah bersertifikasi halal. Jadi, nggak perlu berpikir dua kali untuk mencoba menu makanan di restoran ini.

5. Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery

Mencoba kuliner Malaysia yang kebanyakan daging dan bersantan tentu kurang sehat ya? Nah, Anda bisa mampir mencicipi kuliner vegetarian di kawasan Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery yang terletak di Jalan Ampang, Kuala Lumpur. Sesungguhnya tempat makan yang satu ini merupakan kantin, tapi tenang, karena kantin ini terbuka untuk umum.

Anda bisa menyantap menu yang di tawarkan di kantin Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery pada siang hari. Daya tarik terbesar dari kuliner di sini adalah semua menunya yang non-daging dan non-MSG. Wah, bisa jadi pilihan untuk menebus rasa bersalah kepada tubuh karena terlalu banyak mengonsumsi daging selama traveling.

Itulah lima kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Malaysia. Kuliner mana yang pernah Anda coba? (Sbg/Er)

Comments