Terlihat Awet Muda
Walau kini telah menginjak usia 50 tahunan namun wajah dan tubuh Chuando Tan masih terlihat awet muda seperti pria berusia 20 tahunan.(Foto: Instagram chuando_chuandoandfrey)

Sabigaju.com – Tidak hanya wanita, pria pun ingin tetap terlihat awet muda meski usia terus bertambah. Bahkan, tak sedikit yang membeli produk anti-penuaan agar tampilannya tetap tampak muda.

Banyak pria saat ini yang rela melakukan apa saja agar terlihat awet muda, lebih sehat dan tidak mudah sakit sehingga ekspektasi hidupnya jadi tinggi.

Meski kamu tengah menjalankan ibadah puasa ternyata ada sejumlah kegiatan sehari-hari yang sebetulnya bisa secara alami membuat kamu terlihat awet muda lho! Lantas kebiasan apa saja sih yang bisa yang bisa dilakukan agar tetap tampil awet muda muda? Berikut ulasannya

Berolahraga

Ada banyak orang yang telah membuktikan bahwa usia tidak seharusnya menahan kita dari aktivitas fisik alias berolahraga.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan laman Science Daily menunjukkan bahwa orang-orang tua yang rutin berolahraga memiliki massa otot, level kolesterol dan fungsi sistem imun yang sama seperti orang-orang muda.

Tidak mengherankan, sebab olahraga juga membuat tubuh tetap sehat dan mampu membantu menurunkan berat badan serta lemak tubuh. Kondisi ini membantu mengontrol gula darah dan mencegah diabetes.

Spesialis kesehatan keluarga, Benjamin Epstein, MD mengatakan, segala bentuk aktivitas fisik yang memacu nafas serta denyut jantung bisa meningkatkan kesehatan jantung.

“Latihan keseimbangan dan kekuatan mampu menjaga kesehatan tulang, menurunkan sakit artritis dan menurunkan risiko terjaruh,” kata Epstein.

Olahraga juga bermanfat bagi mental. Epstein menjelaskan, aktivitas fisik bisa menurunkan gejala depresi dan kecemasan serta meningkatkan fungsi kognitif

Makanan Alami

Adapun pola makan terbaik agar kamu terlihat awet muda serta mencegah kerusakan dan penyakit terkait dengan penuaan bisa dimulai dengan mengkonsumsi sumber pangan alami.

Pola makan sehat tersebut di antaranya adalah konsumsi makanan minim proses dan minim gula, lemak serta garam.

Selain dapat membuatmu terlihat awet muda, menghindari gula dan lemak tidak sehat juga bisa membantu mencegah peradangan, diabetes dan sakit jantung.

Konsumsi pangan alami juga membantu meningkatkan nutrisi dalam tubuh yang mampu menyehatkan sel, mengurangi peradangan dan mereduksi risiko penyakit kronis terkait usia.

Dokter perawatan primer di Piedmont Healthcare, Jyotir Jani, MD mengatakan, seperti banyak aspek dalam tubuh, apa yang kita makan juga memengaruhi pikiran.

“Makanlah makanan alami, dimasak di rumah dan membatasi daging merah bisa membantu menajamkan fungsi otak,” kata dia.

Perbanyak Konsumsi Sayuran Bisa Mebuatmu Terlihat Awet muda

Pakar gizi kenamaan, Abby Sauer, MPH, RD mengatakan, banyak konsumsi buah, sayuran dan biji-bijian utuh bisa mendukung penuaan sehat karena menyediakan gizi penting bagi kesehatan otak dan tubuh.

“Makanan sehat tidak selalu tanaman. Bisa juga telur, produk susu rendah lemak dan makanan laut juga bisa berkontribusi terhadap nutrisi penting,” kata Sauer. Diet mediterania yang menyertakan produk hewani menjadi contoh positif pola makan berbasis nabati.

“Penelitian menyarankan ini karena bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya,” ujarnya.

Namun, banyak makan sayuran bukan berarti meninggalkan protein. Protein sangat penting, terutama untuk menjaga massa otot seiring bertambahnya usia. Konsumsi cemilan kaya protein, seperti Greek yogurt, kacang-kacangan dan keju kupas juga direkomendasikan.

Sinar Matahari

Jika kamu ingin terlihat awet muda kamu disarankan pula untuk memperbanyak aktivitas luar ruangan karena Vitamin D alias vitamin matahari bisa membantu menguatkan tulang dan melindungi melawan masalah terkait penuaan, seperti penyakit jantung dan kanker.

“Meluangkan waktu 15-30 menit terpapar matahari cukup untuk memproduksi Vitamin D,” kata Jyotir Jani, MD. Ketika beraktivitas di luar ruangan, ingatlah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Sebab, sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, kerutan dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Banyak Minum Air Putih

Dalam siklus tertentu, dehidrasi bisa mengganggu fungsi sistem penting dalam tubuh dan menyebabkan demensia, seperti gejala kebingungan. Karena itu, penting untuk kita terus terhidrasi.

Kurang minum adalah salah satu penyebab terjadinya penuaan dini dan hal itu bisa membuat keinginanmu terlihat awet muda gagal diwujudkan.

Nah saat berbuka puasa ataupun saat sahur jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup yah gaes.

Masih banyak kebiasaan-kebiasaan harian yang bisa membantu memperlambat penuaan kulit. Seperti mengurangi stres, menjaga kesehatan pencernaan, hingga tidak kurang tidur. (Sbg/Rig)

Comments