Sabigaju.com – Sebegitu dinamisnya bahasa sehingga ia mengalami perubahan dan perkembangan sepanjang waktu. Dari berbagai kalangan, terutama anak muda, suka mengembangkan dan mengeksplorasi kata-kata baru di keseharian mereka. Supaya kamu tidak kalah update, berikut lima kata yang sedang trending di kalangan netizen dan arti serta asal-usulnya.

Sabi

Berasal dari kata ‘bisa’, sabi berarti ‘dapat’ atau ‘mungkin saja’.  Kata yang kadang juga digunakan dalam konteks ‘boleh juga’ ini berasal dari dibaliknya suku kata bi-sa dari kata ‘bisa’. Meskipun tidak memiliki fungsi efisiensi signifikan, kata ‘sabi’ sering digunakan untuk menambah keseruan percakapan di dunia maya.

BACA JUGA: Mau Belajar Bahasa Asing? 3 Situs ini Recommended Banget!

Cabs

Berasal dari kata ‘cabut’ yang artinya menarik sesuatu dari tempatnya, kata ‘cabs’ diberi imbuhan huruf S setelah memotong ‘ut’. Walau arti kata ‘cabut’ adalah menarik sesuatu, ternyata ‘cabs’ artinya adalah pergi. Sering digunakan untuk mengajak seseorang, ‘cabs’ juga bisa berarti himbauan untuk meninggalkan suatu tempat.

Gabut

Kata ini adalah singkatan dari ‘gaji buta’ dimana yang dipakai hanya dua hingga tiga suku kata awal dari masing-masing kata. Istilah gaji buta sendiri berarti tidak melakukan apapun namun mendapat imbalan. Dalam penggunaan kata ‘gabut’ maknanya diperluas bukan hanya bagi kaum pekerja. ‘Gabut’ ternyata dipakai untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak melakukan apapun alias sedang bengong. Jadi digaji maupun tidak, kalau kamu sedang santai di rumah, jangan marah ya jika ada yang menyebutmu ‘gabut’. Itu berarti memang kamu sedang tidak ada kerjaan, walau kamu tidak digaji.

Woles

Asal mula kata ini adalah ‘slow’ dari bahasa Inggris yang artinya ‘lambat’. Cara pengucapannya dibalik menjadi ‘woles’ untuk mendeskripsikan keadaan santai alias tidak buru-buru. Kata ‘woles’ digunakan untuk menjelaskan keadaan santai, dan juga berarti ‘tidak masalah’. Kata ini juga bermakna ‘tidak perlu khawatir’ untuk merespon sesuatu yang salah satu pihak merasa takut atau bersalah.

BACA JUGA: Bahasa Jawa yang Berserak ke Penjuru Dunia

Wagelaseh

Kata yang pertama kali dipopulerkan oleh penyanyi dan selebriti Syahrini ini baru saja menjadi trending di kalangan netizen. Kata yang merupakan kependekan dari ‘wah gila sih’ ini disingkat menjadi cara termudah mengucapkannya, yaitu ‘wa-gela-seh’. ‘Wagelaseh’ sering dipakai untuk mengekspresikan rasa takjub atau kaget terhadap suatu hal. Jika kamu penasaran, cobalah unggah suatu gambar sensasional di media sosialmu, lalu lihat berapa komentar ‘wagelaseh’ yang akan muncul.

Mulai sekarang, kamu bisa memahami apa yang diucapkan netizen di media sosial tanpa bingung. Kalau kamu mau menggunakan kata-kata di atas, silahkan saja agar tidak ketinggalan zaman dan peradaban dunia bahasa slang di Indonesia. (sbg/Novel)

Comments