Diet untuk pria
Ada banyak jenis diet untuk pria yang bisa kamu lakukan untuk mendapat berat badan yang kamu inginkan (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Diet mungkin lebih banyak populer di kalangan wanita. Tapi siapa bilang kalau pria juga tak bisa menjalani diet? Diet untuk pria ini tak hanya untuk mengatasi obesitas, kok. Tapi juga untuk menjaga kesehatan dan juga pembentukan otot yang baik.

Nah, jenis diet ini ada banyak banget. Ada yang mungkin kamu tahu, tapi ada juga yang bahkan belum kamu dengar sama sekali. Jadi, kali ini Sabigaju bakalan bahas nih, lima diet untuk pria terpopuler. Disimak ya, Sob!

BACA jUGA:

1. Diet Keto

Diet untuk pria ini justru agak unik nih, Sob. Sebab, pelaku diet keto justru diharuskan lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Pada diet keto, karbohidratlah yang harus dikurangi, hanya boleh sekitar 20-30 gram sehari. Sumber energi yang akan dibakar oleh tubuh adalah lemak. Diet keto akan berhasil, dengan catatan kamu harus paham betul ketentuannya.

Tujuan menambah asupan lemak sendiri agar tubuh mencapai ketosis. Pada kondisi ini, tubuh akan membakar lemak menjadi energi. Lemak juga akan menjadi keton pada hati sehingga energi akan disuplai ke otak. Untuk menjalani diet keto, tentu kamu tetap harus mencari informasi lebih lanjut agar tidak membahayakan tubuh ya.

2. Diet untuk Pria: Whole30

Menurut penemu diet untuk pria  ini, Melissa Hartwig, diet Whole30 mengajarkan pelakunya untuk sadar bahwa makanan tak hanya bisa memengaruhi fisik, tapi juga psikis. Diet ini juga bertujuan untuk mengatur ulang sistem metabolisme pada tubuh seseorang.

Pada dasarnya, prinsip diet Whole30 adalah mengeliminasi makanan yang mengandung zat tertentu selama 30 hari penuh. Dengan cara ini, kamu bisa tahu bahwa tubuhmu bisa alergi pada zat tertentu, penyebab kembung, nyeri badan, serta kelelahan.

Sama seperti diet pada umumnya, Whole30 tidak menganjurkan pelakunya mengonsumsi alkohol, pemanis buatan, nasi, tepung putih, dan beberapa makanan atau minuman yang mengandung zat adiktif.

3. Diet Paleo

Diet untuk pria  ini cukup unik karena mengharuskan pelakunya untuk mengonsumsi makanan “purba”. Artinya, kamu harus menghindari makanan buatan atau yang diolah secara modern.

Diambil dari kata Paleolitik (sekitar 2,5 juta tahun lalu), diet ini dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Pasalnya, manusia sekarang lebih mudah sakit karena adanya ketidakcocokan dengan pola makanan saat ini. Itu sebabnya, pelaku diet Paleo dianjurkan untuk mengonsumsi makanan purba seperti misalnya daging tanpa lemak, buah-buahan, kacang-kacangan yang pure tidak diolah secara modern.

4. Diet DASH

DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Artinya, diet untuk pria  ini memang bertujuan untuk menghindari adanya tekanan darah tinggi dan kolestrol pada tubuh.

Dengan menjalani DASH, kamu diwajibkan mengurangi asupan yang mengandung natrium, lemak, dan kolestrol. Cocok banget buat kamu yang punya hipertensi.

5. Diet Mediterrania

Dinamakan Mediterania karena mengadopsi pola makan orang tradisional di Laut Mediterania. Pasalnya, orang-orang mediterania ini beresiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan kolestrol.

Jika kamu ingin menjalankannya, kamu wajib mengonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan, lemak sehat, dan sayuran serta dipadukan dengan aroma minyak zaitun atau anggur merah.

Itu dia Sob, beberapa diet populer di kalangan pria. Tentu semua bertujuan agar kamu bisa lebih sehat dan punya badan yang lebih proporsional. Nah, tinggal kamunya aja lebih suka dengan diet apa. Jangan lupa konsisten menjalaninya ya! (Sbg/Dinda)

Comments