Hypercar
Berbagai hypercar dari berbagai produsen mobil dari seluruh dunia tampil di ajang Geneva International Motor Show 2019 yang berlangsung hingga 17 Maret Mendatang. (Foto: Instagram maseratiphilippines)

Sabigaju.com – Ajang Pameran otomotif terbesar dan termegah di Planet bumi, Geneva International Motor Show atau disingkat GIMS 2019 sedang berlangsung hingga 17 Maret Mendatang.

Pameran ini seringkali dijadikan ajang bagi pabrikan mobil untuk memperkenalkan hypercar, supercar baru maupun mobil konsep yang akan diproduksinya.

Diantara ratusan mobil yang dipamerkan oleh pabrikan dunia, ada lima 5 hypercar yang berhasil tampil memukau saat peluncurannya.

Dan inilah lima hypercar yang jadi bintang pilihan Sabigaju dari ajang GIMS 2019 yang berlangsung di Palexpo, Grand-Saconnex, Swiss.

BACA jUGA:

 

1. Bugatti La Voiture Noire

Ajang GIMS 2019 menjadi momen bagi Bugatti untuk menampilkan hypercar terbarunya yakni Bugatti La Voiture Noire.

Hypercar ini didesain begitu mewah, dengan garis dan aksen pada bodi serat karbon yang sangat mendetail.

Wajah depannya khas Bugatti, tapi lebih ramping dan ceper. Bagian belakangnya lebih keren lagi, lampu dioda tampak berbaris rapi. Di bawahnya ditempelkan emblem bertuliskan Bugatti yang bisa menyala.

hypercar
(Foto: Instagram gimsswiss)

Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang tidak hanya membuat mobil mahal, tapi juga super kencang. Benar saja, silindernya berjumlah 16 buah dengan konfigurasi W. Volumenya mencapai 8 liter, didukung banyak turbo untuk mengoptimalkan performa.

Harganya luar biasa mahal, sebelum dikenakan pajak, La Voiture Noire dibanderol $ 12,45 juta atau Rp 176 miliar. Ketika sudah terkena pajak, langsung melonjak menjadi $ 18,68 juta atau Rp 264,1 miliar.

2. Aston Martin Vanquish Vision

satu kejutan lagi untuk memukau pengunjung GIMS 2019  yang berlangsung di Palexpo, Jenewa, Swiss, yaitu kendaraan purwarupa keren Aston Martin Vanquish Vision.

hypercar
(Foto: Instagram madaboutcars)

Vanquish Vision Concept adalah supercar bermesin mid-engine seri pertama dari perusahaan kendaraan super luks Aston Martin Lagonda yang bermarkas di Gaydon, Warwickshire, England. Termasuk dalam kelompok ini adalah Aston Martin Valkyrie, Valkyrie AMR Pro, serta AM-RB 003.

Tunggangan purwarupa ini mengusung mesin V6 turbo hybrid yang dipetik dari Aston Martin AM-RB 003 dengan rangka serta bodi berbahan aluminium serta serat karbon.

3. Pininfarina Battista

Pininfarina akhirnya merilis hypercar listrik pertama yang siap mereka buat jadi nyata. Seperti mobil eksotis pada umumnya, Pininfarina Battista memakai pintu butterfly door yang membuka ke atas.Garis-garis yang ada di sekujur bodinya nampak proporsional dan elegan.

hypercar
(Foto: Instagram millermotorcars)

Hypercar ini memiliki punya 4 motor listrik, 1 buat masing-masing rodanya dan tenaga gabungannya mencapai 1.900 PS. Torsinya juga gila 2.300 Nm. Ini semua dibantu oleh baterai Li-ion berkekuatan 120 kWh yang terletak di tengah sasis mobil berbentuk seperti huruf T, hasil kerja sama dengan Rimac.

Pininfarina mengklaim Battista bisa melesat dari posisi diam ke kecepatan 300 km/jam di bawah 12 detik. Kecepatan 100 km/jam bisa digapai kurang dari dua detik. Jika baterainya diisi penuh, ia bisa menempuh jarak 450 km.k. Pininfarina berencana hanya memproduksi 150 unit Battista di Italia.

Hypercar yang dikerjakan dengan tangan ini rencananya mulai dijual pada 2020 mendatang dengan harga 2 juta euro atau sekitar Rp 31,9 miliar.

4. Koenigsegg Jesko

Mobil keren lain yang ikutan mejeng dan bikin heboh pengunjung Geneva Motor Show 2019, adalah hypercar produksi pabrikan asal Swedia yang menampilkan Koenigsegg Jesko.

Hypercar bermesin natural tanpa turbo ini memiliki jantung hasil revisi dari mesin andalan V8 5,0 liter twin-turbo, yang menghasilkan daya 1.280 Tk kala diisi bensin atau 1.600 Tk ketika menenggak bahan bakar ethanol E85.

hypercar
(Foto: Instagram Koenigsegg)

Rangka bangun Koenigsegg Jesko, sasis serat karbon yang didesain ulang khusus untuk meningkatkan ruang kaki, ruang kepala dan visibilitas pengemudi. Melihat estetika, Koenigsegg Jesko seperti versi lebih canggih dari Agera RS.

Belum ada informasi soal harga dan ketersediaan maupun pengiriman untuk Jesko. Yang pasti, seperti lini Koenigsegg lain, Jesko bakal jadi mobil eksklusif yang tak banyak dimiliki orang.

5. Ferrari F8 Tributo

Ajang GIMS 2019 di Jenewa, Swiss juga dijadikan Ferrari untuk merilis produk hypercar terbarunya yakni Ferrari F8 Tributo.

Mobil Ferrari F8 Tributo menggendong mesin V8 turbo yang diklaim paling kuat di kelasnya.

hypercar
(Foto: Instagram topgearfr)

Hal itu membuat hypercar ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 720hp dan torsi puncak 770Nm. Artinya F8 Tributo menjadi mobil Ferrari mid-engine paling cepat saat ini.

Di atas kertas mampu mencapai 0-100 km/jam hanya 2,9 detik, sementara dari 0 hingga 200 km/jam hanya 7,8 detik, dengan kecepatan maksimal di 340 km/jam.

Ferrari mengungkapkan model ini akan dijual akhir tahun. Untuk harga, diperkirakan mencapai sekitar Rp 3,2 miliar. (Sbg/Rig)

Comments