Berkomitmen
Ada banyak hal yang membuat pria begitu sulit memutuskan untuk berkomitmen atau menikah sama sekali dengan wanita yang mencintainya. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com –  Bagi pria, memutuskan untuk berkomitmen atau menikah sama sekali bukan hal mudah. Sebagian pria menganggap komitmen sebagai sebuah tantangan yang memang tak mudah untuk dilakukan.

Namun demikian kamu harus membicarakan keengganan kamu berkomitmen agar tidak dipandang penakut.

Nah Sabigaju mau kasih info tentang beberapa hal yang ditakutkan para pria untuk berkomitmen dan cara mengatasinya. Simak Yuk

BACA JUGA: Tiba-tiba Ditaksir Cewek, Jangan-jangan Cuma Cinta Pelarian, Cek Yuk! 

1. Takut Gag Bebas Lagi

Pada umumnya, sebagian besar kaum pria ketika mendengar kata komitmen, mereka akan membayangkan kebebasannya akan hilang. Sebagian besar mereka memiliki bayangan dan imajinasi tentang hidup yang bebas alias tanpa tanggung jawab.

Kalau mereka bisa mendapat apa yang mereka inginkan dalam sebuah hubungan tanpa adanya komitmen, lantas kenapa mereka harus berkomitmen? Itulah yang seringkali mampir ke pikiran mereka.

Hal ini bisa jadi menakutkan untukmu kalau kamu tidak siap mengatakannya. Tapi jika kamu siap, tidak ada salahnya jujur padanya dan membahas tentang ketakutannya berkomitmen itu.

2. Gimana Soal Ruang Pribadi?

Ini juga menjadi salah satu keresahan yang kerap nangkring dipikiran cowok ketika pasangan wanita mengajaknya berkomitmen. Mereka seakan belum siap berkompromi dengan pasangannya dan belum siap menerima konsekuensi dalam sebuah hubungan.

Mereka juga takut kalau kamu akan mengobrak-abrik dunia mereka. Meminta mereka rajin-rajin membersihkan kamar atau sekadar mengganti warna cat dinding dengan yang lebih cerah.

Bahaslah keresahanmu ini dengan pasangan wanitamu. Ingat dalam sebuah komitmen yang dicari adalah solusi untuk memecahkan masalah. Bukan menimbulkan masalah.

BACA JUGA: Alasan dan Cara Klasik Pria dalam Menghindari Komitmen

3. Masih Mencari Sosok Wanita yang Tepat

Meski kamu dan dia sudah berhubungan bahkan sejak lama , itu tidak menjamin bahwa dia akan benar-benar menjadi pasanganmu. Bagi para pria kebanyakan, butuh proses panjang untuk memantapkan hati dan mengambil keputusan untuk berkomitmen dalam hubungan pernikahan.

Tanyakan pada dirimu sendiri, apa yang kamu mau dalam sebuah hubungan? Apa yang kamu cari? Kalau kamu memang menginginkan pasanganmu, maka kamu tidak akan masalah walaupun dia takut berkomitmen.

Ingat! jangan membuat hati seseorang wanita bergantung pada mu jika kamu tak ingin menikahinya. Mereka butuh kepastian.

4. Belum Mapan Jadi Alasan

Pria begitu logis dan rasional ini tentunya beda dengan wanita. Para pria tak pernah percaya pada kisah putri dan pangeran yang hidup bahagia selamanya setelah menikah.

Para pria percaya bahwa kehidupan akan semakin rumit ketika dua kepribadian yang berbeda disatukan. Selain itu, mereka memandang kemapanan adalah salah satu modal untuk bahagia dalam pernikahan.

Tapi sebagai orang yang mengedepankan rasio kamu harus memiliki kesadaran untuk berani menghadapinya. Terlalu memikirkan kemapanan hanya akan membuatmu terlihat ambisius.

BACA JUGA: Inilah Alasan Komitmen Dianggap Momok Menakutkan oleh Pria

5. Trauma pada Hubungan Sebelumnya

Dijaman yang demikian canggih ini masih banyak lho pria yang terjebak dalam bayang-bayang masa lalu ketika cinta mereka karam . Bahkan ada masih saja merasakan sesuatu yang menyakitkan pada hubungan sebelumnya.

Nah, hal ini yang kemudian jadi sumber kecemasan mereka untuk kembali menjalin komitmen dengan wanita lain.

Ketimbang cemas dan panik akan langgeng tidaknya hubunganmu degan dia di masa depan, lebih fokus pada saat ini untuk meneguhkan komitmen. Sebab masa depan hubunganmu ditentukan dengan komitmen yang kalian bangun saat ini.

Jika kamu menanam banyak hal positif bersama dia saat ini, bukankah nantinya kamu dan dia akan menuai hasil yang memuaskan di masa depan.

Jadi gag usah takut berkomitmen, sebab apa yang sudah kamu lepaskan, terkadang tidak bisa kamu genggam kembali. (Sbg/Rig)

Comments