Long Weekend
Tak sedikit orang yang dituntut untuk melakukan pekerjaan disaat long weekend alias pada hari Sabtu ataupun Minggu. (Foto: Unsplash)(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Seiring berjalannya waktu saat ini aktivitas pekerjaan tak selalu identik dengan waktu nine to six.  Fleksibilitas waktu kerja, membuat banyak orang yang bekerja pada saat long weekend alias  akhir pekan seperti hari Sabtu ataupun hari Minggu.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering kali wajib bekerja saat long weekend, sebaiknya kamu melakukan lima hal ini untuk mendukung produktivitas dan sikap profesionalitas kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

BACA JUGA:

  • Empat Kegiatan Staycation, yang Pas Buat Liburan di Akhir Pekan
  • Akhir Pekan Saatnya Kamu dan Si Dia Seharian di Ranjang
  • Yuk, Liburan Akhir Pekan di Escape Room Jakarta

 

1. Selesaikan Secara Remote

Pastinya, suasana long weekend di kantor pasti sangat membosankan. Jika hal tersebut bisa membuat suasana hatimu menjadi bad mood dan mengganggu urusan kerja, alangkah lebih baik kalau kamu menyelesaikan pekerjaan secara remote.

Pilihlah tempat yang nyaman untuk bekerja. Sehingga kamu dapat menuntaskan pekerjaan-pekerjaan tersebut secara cepat.

2. Beri Pengertian kepada Orang-Orang Terdekat

Satu hal lain yang perlu kamu lakukan saat bekerja di akhir pekan adalah memberi pengertian kepada orang-orang terdekatmu agar dapat memahami hal tersebut.

Hal ini penting, sebab mungkin kamu merasa tak terganggu jika harus bekerja saat long weekend. Namun, belum tentu orang dekat mu. Itu sebabnya kamu harus mesti memberi pengertian kepada pasangan, keluarga, dan sahabat tentang komitmen pekerjaanmu.

Bila pekerjaan sudah selesai, jangan lupa menikmati waktu berkualitas bersama orang-orang terdekat pada momen long weekend.

Kalau pekerjaan sudah diselesaikan saat long weekend, kemungkinan besar kamu jadi tak terlalu sibuk di hari kerja nanti. Bukan mustahil pula jika kamu bisa menikmati cuti secara maksimal sewaktu long weekend telah usai.

3. Tak Perlu Menyelesaikan Semuanya

Walaupun kamu tidak keberatan bekerja saat akhir pekan, bukan berarti kamu harus menyelesaikan semua pekerjaan.

Pilihlah pekerjaan yang sifatnya benar-benar urgent. Jangan sampai kamu terlalu enjoy hingga memunculkan sikap workaholic yang sulit diatasi.

Sisihkan pekerjaan yang tidak urgent untuk diselesaikan pada hari kerja.

4. Membuat Rencana Seru

Nah kamu juga perlu untuk membuat rencana seru ketika akhir pekan. Buatlah komitmen dengan diri sendiri bahwa kamu akan melaksanakan rencana tersebut jika semua pekerjaan telah selesai.

Dengan demikian, kamu jadi lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat agar bisa menikmati akhir pekan.

5. Bekerja Sama dengan Tim

Pekerjaan besar yang harus diselesaikan saat akhir pekan tentu terasa merepotkan bila dikerjakan sendirian. Jadi, Anda tak perlu ragu bekerja sama dengan tim terkait. Pastikan bahwa komunikasi dengan tim kerja Anda dapat berlangsung lancar.

Sehingga seluruh anggota tim bisa bekerja sama menyelesaikan kewajibannya masing-masing. Urusan pekerjaan saat akhir pekan pun tak akan terlalu berat bila diselesaikan bersama-sama.

Nah semoga informasi ini berguna yah buat kamu yang kerap bekerja saat long Weekend. Selamat bekerja. (Sbg/Rig)

Comments