Profesi Content Creator
Profesi content creator di industri dan media memiliki peran sangat penting. Perusahaan dan media berlomba-lomba menciptakan konten yang bisa menarik perhatian masyarakat.

Sabigaju.com – Salah satu bidang pekerjaan yang kini memiliki banyak peminat dikalangan anak muda serta ruang lingkup yang luas adalah profesi content creator.

Belakangan ini, profesi content creator di industri dan media memiliki peran sangat penting. Perusahaan dan media berlomba-lomba menciptakan konten yang bisa menarik perhatian masyarakat.

Sekilas memang hasil pekerjaan mereka terlihat keren kece dan mantap. Namun, tidak banyak orang yang tahu kalau banyak juga suka duka profesi content creator.

Ada banyak pikiran dan keringat yang harus dikeluarkan oleh para content creator. Nah, Sabigaju mau kasih tahu beberapa hal yang menjadi suka duka para content creator yang dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

 

1. Senantiasa Update

Profesi content creator cenderung berhubungan dengan hal-hal yang sedang tren. Oleh sebab itu, seorang content creator wajib update pada hal-hal yang sedang menjadi trending topic di masyarakat.

Jangan tanya jam kerja mereka. Kalau malam hari mendadak ada berita yang trending, bisa dipastikan dia harus kerjakan detik itu juga. Bahkan, mengecek trending topic setiap hari rasanya menjadi bagian yang wajib dilakukan seorang content creator.

2. Kritis

Hal yang paling penting dari seorang content creator adalah harus mau belajar dan melakukan riset konten yang akan dibuat. Dia tidak bisa seenaknya saja membuat konten tanpa memastikan kebenarannya terlebih dahulu.

Hal ini tentu memakan waktu sedikit lebih lama daripada saat memproduksi konten. Meski begitu, sudah menjadi aturan utama kalau content creator harus bersikap kritis pada topik-topik di masyarakat.

3. Intens untuk Berkomunikasi untuk Menghindari Kesalahan

Jika seorang content creator harus bekerja dalam suatu tim, maka komunikasi menjadi kunci penting.

Tanpa adanya komunikasi yang baik, beberapa kesalahan kecil bisa muncul dan itu tentu berakibat fatal.

Oleh sebab itu, pantang bagi seorang content creator untuk mengabaikan komunikasi dengan tim. Ternyata suka duka content creator banyak ragamnya ya!

4. Orisinil Tuntutan bagi Profesi Content Creator

Jika ingin memulai profesi content creator, pastikan untuk memiliki karya yang orisinil. Intinya jadilah diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik.

Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh content creator lainnya. Ciptakan gaya OOTD dan look baru yang elegan.

5. Multitasking

Multitasking menjadi makanan sehari-hari bagi  seorang dengan profesi content creator.

Content creator dituntut untuk selalu fokus dan tidak mudah terdistraksi oleh apapun. Jika hilang fokus sedikit saja, bisa-bisa beberapa pekerjaan bisa salah. Kebayang bagaimana hectic-nya keseharian seorang yang memiliki profesi content creator?

Diluar hal-hal tadi, suka duka content creator lainnya adalah tuntutan untuk menjadi diri sendiri. Tiap  seorang yang memiliki profesi content creator harus memiliki ciri khas yang tidak mudah ditemui di content creator lain.

Hal ini kadang sulit dilakukan ketika idealisme seorang content creator bertabrakan dengan keinginan klien atau perusahaan. Ini salah satu masalah yang dialami seorang yang mempunyai profesi menjadi content creator. Ternyata profesi content creator cukup rumit juga ya! (Sbg/Rig)

Comments